11 Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita Secara Alami

Mengatasi Keputihan

Mengatasi Keputihan

Cara Mengatasi dan Menghilangkan Keputihan – Keputihan adalah salah satu masalah yang sering di alami oleh kaum wanita, karena keputihan bisa datang kapan saja. Hal yang dapat mempengaruhi terjadinya keputihan ini diantaranya seperti kehamilan, perubahan hormon, tanda akan datang haid, tanda menopause, tanda anak mulai mengalami menstruasi pertama dan juga bisa dipengaruhi oleh infeksi virus dan bakteri pada daerah kewanitaan. Apapun yang menjadi penyebabnya, keputihan ini dapat menjadi suatu tanda adanya penyakit tertentu yang serius seperti penyakit kista, kista ovarium atau bahkan kanker ovarium.

Dengan mengetahui beberapa gejala yang ditimbulkan dari masalah keputihan, maka sangatlah penting untuk dapat mencari cara mengatasi keputihan. Infeksi jamur sering menjadi salah satu penyebab keputihan dan dapat menimbulkan rasa gatal di arena organ kewanitaan, sehingga bagi pasangan jangan pernah melakukan hubungan intim ketika sedang haid.

Cara Mengatasi Keputihan Secara Alami

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keputihan, yaitu :

  1. Melakukan Diet Sehat

Langkah pertama yang perlu anda lakukan untuk menghilangkan keputihan yaitu dengan merubah pola diet. Dengan sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan bakteri semakin berkembang dengan cepat pada daerah kewanitaan, sedangkan jika rutin mengkonsumsi makanan sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan infeksi virus dan bakteri jahat. Ada banyak jenis makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi untuk anda yang sedang mengalami keputihan, diantaranya seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, daging sapi, daging unggas, ikan sehat dan masih banyak jenis makanan sehat lainnya.

Selain itu, hindari juga mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan keputihan semakin parah seperti alpukat, lemon, jus jeruk, ubi, kentang, flaxseed, bayam, yogurt, kale dan juga edamame. Beberapa jenis makanan tersebut sebaiknya anda hindari selama menjalani program diet sehat untuk mengatasi keputihan.

  1. Batasi Konsumsi Gula

Bagi anda yang sering mengkonsumsi makanan dan minuman manis, maka mulai saat ini sebaiknya batasi konsumsi gula. Hal ini dikarenakan, kandungan gula yang terlalu tinggi dapat memicu peningkatan berat badan dan juga dapat memicu perkembangan bakteri yang berada di sekitar organ kewanitaan. Selain itu, bagi wanita yang mengalami keputihan sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein, minuman bersoda dan juga cokelat dalam jumlah yang berlebihan. Anda juga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang telah difermentasikan serta mengandung karbohidrat tinggi secara berlebihan.

  1. Cukupi Cairan Tubuh

Banyak minum air putih dapat menjaga agar keputihan tidak bertambah parah, karena air putih dapat membuat seluruh organ di dalam tubuh bekerja dengan baik termasuk otot dan hormon dalam tubuh. tidak hanya itu, air putih juga dapat membantu seluruh bagian tubuh untuk memiliki selaput lendir seperti hal nya pada organ kewanitaan agar mendapatkan cairan yang cukup. Maka dari itu, dengan minum air putih 8 gelas per hari dapat membantu mengurangi jumlah keputihan.

  1. Menjaga Kebersihan Handuk dan Perlengkapan Pribadi

Pastikan anda selalu memperhatikan kebersihan dari handuk dan perlengkapan pribadi anda yang biasa digunakan sehari-hari. Hindari memakai handuk dan perlengkapan mandi bersama-sama dengan orang lain, termasuk dengan pasangan anda. kebiasaan berbagi handuk dan perlengkapan lainnya dapat memicu terjadinya penularan kuman dan bakteri, sehingga dapat memperparah keputihan. Selain itu, jangan lupa untuk rutin mencuci tangan untuk mencegah terjadinya kontaminasi.

  1. Hindari Pemakaian Sabun Wangi

Ketika anda mengalami keputihan, sebaiknya anda tidak memakai sabun wangi untuk membersihkan organ kewanitaan anda. Hal ini dikarenakan, di dalam sabun wangi terdapat kandungan zat kimia yang dapat memicu terjadinya kerusakan pH alami pada daerah organ intim anda dan bahkan dapat menyebabkan meningkatnya aktifitas bakteri di daerah kewanitaan.

  1. Olahraga

Olahraga secara rutin dan teratur setiap hari dapat membantu mengurangi jumlah keputihan, aktivitas bakteri yang ada dalam vagina dapat ditekan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat melakukan aktivitas olahraga secara rutin dua sampai tiga kali sehari, sebaiknya pilih jenis olahraga yang ringan seperti jogging atau jalan kaki. Namun sebaiknya hindari melakukan aktivitas olahraga renang ketika mengalami keputihan, karena dapat memperparah keputihan.

  1. Hindari Stres

Pastikan selama anda mengalami keputihan anda tidak mengalami stres, karena jika anda sering stres dapat meningkatkan aktivitas bakteri dalam vagina dan perkembangannya akan lebih cepat. Maka dari itu, sebaiknya anda lebih fokus terhadap proses penyembuhan dengan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan anda mengalami stres dan depresi.

  1. Menjaga Kebersihan Vagina

Pastikan selama anda mengalami keputihan, maka anda harus selalu menjaga kebersihan dari organ kewanitaan anda dengan baik setiap hari. Caranya yaitu dengan sering membersihkan organ kewanitaan dengan air bersih, lakukan gerakan saat membasuh organ kewanitaan anda dengan gerakan dari arah belakang ke arah depan begitupun ketika selesai buang air kecil dan buang air besar. Cara ini efektif untuk mengurangi aktivitas dan perkembangan bakteri serta mencegah terjadinya infeksi akibat dari bakteri yang berasal dari bagian tubuh lainnya. Selain itu, anda juga harus selalu menjaga kebersihan vagina ketika sedang haid dengan cara menghindari semua pantangan saat datang haid.

Beragam Bahan Alami Untuk Menghilangkan Keputihan

Ada beberapa bahan alami yang bisa anda manfaatkan untuk menghilangkan keputihan dengan cepat dan aman, diantaranya yaitu :

  • Basuh Dengan Air Rebusan Daun Sirih

Daun sirih merupakan tanaman obat yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Selain itu, daun sirih juga ternyata sangat bermanfaat untuk menghilangkan keputihan dengan cepat dan aman. Caranya yaitu, siapkan 10 lembar daun sirih tua yang masih segar, lalu robek-robek dan rebus dengan satu liter air bersih sampai mendidih. Setelah itu, biarkan air rebusan daun sirih tersebut cukup hangat dan gunakan untuk membersihkan vagina setiap kali anda buang air kecil dan sebelum tidur. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap hari sampai keputihan benar-benar hilang.

  • Minum Air Rebusan Daun Sirih

Selain digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan, cara menghilangkan keputihan dengan daun sirih juga dapat dilakukan dengan cara minum air rebusan daun sirih. Cara membuat ramuannya yaitu, rebus 3 lembar daun sirih dengan 2 gelas air dan rebus sampai mendidih dan air rebusannya tersisa 1 gelas saja. minum selagi hangat 2 kali sehari pada pagi dan malam sebelum tidur. Selain dapat menghilangkan keputihan, cara ini juga dapat membuat organ kewanitaan anda lebih bersih dan kesat.

  • Konsumsi Bawang Putih

Salah satu bumbu dapur yang satu ini sangat efektif untuk mengatasi masalah keputihan dan gatal-gatal pada area kewanitaan. Caranya anda dapat mencampurkan bawang putih pada masakan atau bisa juga dengan minum air rebusan bawang putih secara rutin satu kali sehari secara rutin setiap hari. Cara membuat ramuannya yaitu, rebus 2 siung bawang putih dengan 2 gelas air sampai mendidih dan air rebusannya tersisa 1 gelas saja, minum air rebusan bawang putih tersebut selagi hangat satu kali dalam sehari.

Itulah beberapa cara menghilangkan keputihan secara alami yang bisa anda lakukan sendiri dirumah, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi anda semua.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • cara mengobati keputihan secara alami
11 Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita Secara Alami | Suster Cantik | 4.5
error: Content is protected !!