14 Cara Menghilangkan Panu Dengan Mudah dan Cepat

Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu

14 Cara Menghilangkan Panu Paling Ampuh – Panu adalah salah satu jenis penyakit kulit yang sering menyerang masyarakat umum, meskipun tidak berbahaya tetapi tetap harus segera diatas karena dapat mempengaruhi penampilan sehingga dapat membuat pemiliknya merasa kurang percaya diri. Panu dapat ditandai dengan munculnya bintik-bintik berwarna putih yang dapat menyebar keseluruh tubuh seperti pada kulit wajah, leher, punggung, tangan, kaki dan juga kulit bagian tubuh lainnya.

Dalam istilah medis, panu sendiri dikenal dengan nama Tinea Vesicolor yang termasuk ke dalam salah satu jenis penyakit menular. Maka dari itu, kita harus waspada terhadap penularan dari jenis penyakit kulit yang satu ini. Proses penularan dari penyakit panu ini dapat terjadi melalui sentuhan atau memakai pakaian dan perlengkapan mandi secara bersamaan dengan orang yang terjangkit penyakit ini seperti penggunaan handuk, sabun mandi dan juga pakaian. Hal ini dikarenakan, benda-benda tersebut telah terkontaminasi dengan jamur penyebab panu.

Selain dapat mempengaruhi penampilan, kehadiran panu juga akan sangat mengganggu sekali karena dapat menyebabkan rasa gatal yang cukup menyiksa di kulit. kebiasaan menggaruk panu malah akan membuat panu semakin cepat dan mudah menyebar ke bagian kulit tubuh lainnya.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan atau mengobati panu?

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati atau menghilangkan panu di kulit, yaitu dengan cara medis memakai obat-obatan dan juga dengan menggunakan cara alami menggunakan bahan-bahan alami. Cara menghilangkan panu dengan obat-obatan medis memang cara yang paling mudah dan praktis, karena obat-obatan tersebut dapat dengan mudah didapatkan di apotik atau toko obat terdekat. Jika anda mencari cara yang mudah dan murah, maka anda bisa mencoba cara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami sepeti berikut ini.

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

  1. Gunakan Lengkuas
Lengkuas

Lengkuas

Lengkuas yang biasa kita gunakan sehari-hari dalam membuat bumbu masakan ternyata juga memiliki khasiat yang cukup ampuh untuk mengobati panu. Cara menghilangkan panu dengan lengkuas sangat mudah, yaitu cukup dengan memarut 1 buah lengkuas dan tambahkan sedikit air. Setelah itu peras airnya seperti kita membuat santan kelapa, lalu gunakan air perasan lengkuas tersebut sebagai obat oles untuk panu. Oleskan secara merata, biarkan sampai kering selama beberapa menit dan bilas sampai bersih. lakukan pengobatan alami ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sampai panu di kulit hilang.

  1. Gunakan Bawang Putih
Bawang Putih

Bawang Putih

Selain lengkuas, salah satu bumbu masak lainnya yang juga berkhasiat untuk mengobati panu di kulit yaitu bawang putih. cara menghilangkan panu dengan bawang putih yaitu dengan menghaluskan 1 siung bawang putih, lalu oleskan pada kulit yang panuan secara merata. Biarkan sampai kering agar meresap sempurna ke dalam kulit, hasil optimal dari obat panu alami ini akan cepat terlihat hasilnya jika pengobatan dilakukan 2 kali sehari. Selain itu, pastikan sebelum melakukan pengobatan ini, kulit yang terkena panu tersebut dibersikan terlebih dahulu dengan air hangat untuk membunuh jamur yang berkembang penyebab panu.

  1. Gunakan Belerang
Belerang

Belerang

Belerang atau dikenal juga dengan nama sulfur ini merupakan suatu jenis zat alami yang sering kali ditemukan di dalam sumber air gunung berapi. Belerang ini biasa digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit termasuk penyakit panu. Cara menghilangkan panu dengan belerang sangatlah mudah, anda hanya tinggal mengoleskan belerang secara merata pada kulit yang terkena panu tipis-tipis saja. Agar cepat sembuh, sebaiknya lakukan pengobatan alami ini secara rutin dan teratur setiap hari minimal 2 kali sehari setiap setelah mandi.

  1. Gunakan Sari Cuka Apel
Sari Cuka Apel

Sari Cuka Apel

Bahan alami berikutnya yang bisa kita manfaatkan sebagai obat panu alami yaitu dengan mengoleskan sari cuka apel pada kulit yang terkena panu. Oleskan secara rutin 2-3 kali sehari, pastikan sebelum mengoleskannya kulit dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat untuk membersihkan jamur yang bersarang di permukaan kulit.

  1. Gunakan Daun Pare
Daun Pare

Daun Pare

Pare adalah salah satu jenis tanaman yang biasanya buahnya sering digunakan sebagai sayuran, meskipun memiliki rasa yang pahit ternyara pare ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan seperti dapat menurunkan darah tinggi, kolesterol dan diabetes. Selain itu, ternyata daun pare juga bisa kita manfaatkan sebagai bahan untuk membuat obat panu tradisional. Caranya yaitu, ambil beberapa daun pare segar, cuci dengan air bersih dan haluskan dengan cara di tumbuk. Setelah itu, tambahkan sedikit kapur sirih dan air secukupnya. Setelah itu, oleskan obat panu alami tersebut pada kulit yang terkena panu tipis-tipis saja dan biarkan sampai obat meresap. Untuk hasil optimal, lakukan pengobatan tradisional ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sampai panu hilang tidak berbekas.

  1. Gunakan Gel Lidah Buaya
Daun Lidah Buaya

Lidah Buaya

Umumnya banyak orang yang hanya tahu jika tanaman lidah buaya bermanfaat untuk kesehatan rambut saja, namun ternyata tanaman lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat obat panu alami yang cukup ampuh. Cara menghilangkan panu dengan lidah buaya sangat mudah, anda hanya tinggal mengoleskan gel yang ada pada tanaman lidah buaya secara merata pada panu secara merata. lakukan pengobatan ini setiap hari sebanyak 3 kali sehari sampai panu hilang. Selain dapat menghilangkan panu, cara ini juga dapat membuat kulit yang panuan menjadi halus dan lembut.

  1. Gunakan Lemon Dan Madu
Madu

Madu

Cara mengobati panu juga dapat dilakukan dengan pengobatan menggunakan lemon dan madu. Kedua bahan alami ini sangat ampuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit dan masalah kulit termasuk untuk menghilangkan panu. Caranya yaitu, siapkan air perasan lemon segar sebanyak 2 sendok makan dan madu sebanyak 1 sendok makan. Aduk kedua bahan alami tersebut secara merata, lalu oleskan pada kulit yang terkena panu. Kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon sangat efektif untuk menghilangkan panu, sedangkan madu berfungsi untuk mencegah kulit terkena iritasi dan sekaligus menjaga kelembaban alami kulit. Jika pengobatan ini dilakukan secara rutin dan teratur, maka panu akan hilang dan kulit akan terasa lebih halus dan lembut.

Obat Panu Di Apotik

Jika anda tidak ingin repot-repot melakukan pengobatan alami diatas, maka solusi terbaik untuk anda yaitu dengan melakukan pengobatan menggunakan obat medis yang bisa anda dapatkan dengan mudah di apotik. Berikut ini beberapa jenis dan merk obat panu di apotik, diantaranya yaitu :

  1. Canesten cream
  2. Thecort
  3. Topisel
  4. Lamisil
  5. Griseofulvin
  6. Fluconazole
  7. Kalpanax Cair

Perhatian :

Jika dalam seminggu panu tidak juga hilang dan malah bertambah parah, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan pengobatan yang tepat untuk anda.

Itulah beberapa cara menghilangkan panu secara alami dan juga berbagai jenis obat panu di apotik yang bisa anda gunakan untuk mengobati panu. Dengan adanya informasi ini semoga dapat memberikan solusi terbaik untuk menghilangkan panu dan menambah pengetahuan bagi para pembaca semua.

Terima kasih dan sampai jumpa.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • nama krim yang d jual d apotik untuk memperbesar payudara
14 Cara Menghilangkan Panu Dengan Mudah dan Cepat | Suster Cantik | 4.5
error: Content is protected !!