12 Cara Mengobati Anemia Secara Alami

Cara Mengobati Anemia

Cara Mengobati Anemia

12 Cara Mengobati Anemia Secara Alami – Anemia adalah jenis penyakit yang bias diderita oleh siapa saja, baik oleh kaum pria ataupun wanita. Hanya saja kaum wanita lebih sering mengalami anemia dibandingkan dengan kaum pria. Hal ini dikarenakan, setiap wanita yang sudah memasuki masa menstruasi akan sering kehilangan darah setiap bulannya. Kekurangan darah juga dapat dipicu oleh karena disebabkan tubuh mengalami kekurangan asupan zat besi. Gejala yang ditimbulkan oleh seseorang yang mengalami anemia yaitu tubuh akan terasa lemas dan lesu, bahkan bagian wajah dan juga selaput merah pada bagian mata pun akan terlihat pucat.

Ada dua cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati penyakit anemia yaitu secara medis dengan mengunjungi dokter dan mengkonsumsi obat yang telah diresepkan oleh dokter, sedangkan yang kedua yaitu dengan cara alami dengan menerapkan pola hidup sehat dan konsumsi obat anemia alami. Jika penyakit anemia yang anda alami masih belum terlalu parah, maka anda bisa mencoba melakukan pengobatan secara alami yang jauh lebih mudah dan murah.

Cara Mengobati Anemia Secara Alami

  1. Konsumsi Jambu Biji Merah
Jambu Biji Merah

Jambu Biji Merah

Cara pertama yang bisa anda coba untuk mengobati anemia yaitu dengan mengkonsumsi buah jambu biji merah, baik dikonsumsi secara langsung maupun dengan dibuat jus. Buah jambu biji merah ini sangat baik untuk mengobati penyakit anemia, karena di dalamya terdapat kandungan vitamin C dan juga kaya akan kandungan zat besi, sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin tubuh dapat memproduksi sel darah merah dengan baik.

  1. Konsumsi Buah Tomat
Tomat

Tomat

Hanya dengan mengkonsumsi vitamin penambah zat besi saja tidak cukup untuk mengobati anemia, karena tubuh dari penderita anemia juga membutuhkan asupan makanan yang dapat membantu mempercepat proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Untuk itu, dengan mengkonsumsi buah tomat secara rutin dan teratur sangat baik dikonsumsi oleh pasien penderita anemia karena buah tomat mengandung likopen dan juga vitamin C yang cukup tinggi. cara mengkonsumsinya bisa dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan sebagai bahan dasar dalam membuat jus. Minum secara rutin 1 gelas jus di pagi hari dan 1 gelas jus di malam hari sebelum tidur, cara ini sangat efektif untuk membantu mengobati anemia.

  1. Konsumsi Buah Delima
Buah Delima

Buah Delima

Delima merupakan salah satu jenis buah yang mengandung sumber nutrisi yang cukup lengkap dan dibutuhkan oleh tubuh penderita anemia. Beberapa kandungan nutrisi penting di dalamnya diantaranya seperti gula, lemak, protein, serat, karbohidrat, tembaga, vitamin, zat besi, potasium dan juga mineral. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah delima secara rutin setiap hari mampu mengobati anemia tanpa harus mengkonsumsi obat penambah darah. Cara terbaik mengkonsumsi buah delima agar dapat memperoleh nutrisi yang cukup, maka sebaiknya anda mengolah buah delima untuk dijadikan sebagai jus dan meminumnya pada pagi dan sore hari.

  1. Konsumsi Buah Strawberry
Strawberry

Strawberry

Buah strawberry merupakan salah satu jenis buah yang sangat kaya akan kandungan nutrisi, makanan ini sangat disukai oleh hampir semua orang terutama anak-anak. Maka tak heran jika banyak produk obat sirup untuk anak-anak yang diberi perisa buah strawberry. Salah satu manfaat buah strawberry untuk kesehatan yaitu dapat mengobati anemia, karena buah strawberry juga mengandung zat besi yang cukup tinggi dan baik untuk memenuhi kebutuhan asupan zat besi harian tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat pada buah ini juga tidak kalah tinggi dengan buah jeruk. Kandungan vitamin C sangat baik untuk membantu mempercepat proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh.

  1. Konsumsi Sereal
Sereal

Sereal

Banyak orang yang beranggapan jika mengkonsumsi sereal ini hanya baik untuk mereka yang menderita penyakit jantung. Pada kenyataannya, anggapan tersebut sangatlah salah karena menu sarapan yang satu ini juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia. Hal ini dikarenakan, terdapat 18 mg zat besi pada setiap ¾ porsi cangkir sereal yang dapat diserap oleh tubuh, sehingga jika dikonsumsi secara rutin dan teratur setiap pagi dapat membantu mengobati anemia.

  1. Konsumsi Beras Merah
Beras Merah

Beras Merah

Bagi anda yang menderita penyakit anemia, maka sebaiknya ganti nasi putih yang biasa anda makan dengan beras merah. Selain dapat menurunkan berat badan dan juga menurunkan gula darah, beras merah juga dapat mengobati anemia atau kekurangan darah. Hal ini dikarenakan, beras merah mengandung zat besi yang cukup tinggi dan mudah diserap oleh tubuh.

  1. Konsumsi Bayam
Bayam

Bayam

Penderita anemia memang sangat membutuhkan asupan zat besi yang cukup setiap harinya untuk membantu menstabilan tekanan darah ke batas normal. Caranya yaitu dengan perbanyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi bayam. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan zat besi, sehingga sangat baik dikonsumsi secara rutin untuk membantu pembentukan sel darah merah. Cara terbaik untuk mengkonsumsi bayam yaitu dapat dijadikan salad yang dicampur dengan jenis sayuran lain, dijadikan jus ataupun sup.

  1. Konsumsi Kangkung
Kangkung

Kangkung

Sama hal nya dengan bayam, kangkung juga mengandung zat besi yang cukup tinggi dan baik dikonsumsi secara rutin oleh penderita anemia untuk membantu meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. jika anda akan memasak kangkung, pastikan anda tidak terlalu lama memasaknya karena dapat merusak kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

  1. Makan Ikan Salmon
Ikan Salmon

Ikan Salmon

Di dalam daging ikan salmon mengandung vitamin B12 yang cukup tinggi dan sangat dibutuhkan oleh tubuh penderita anemia, karena vitamin ini sangat bermanfaat untuk membelah sel, melindungi sel dan sistem saraf dan juga dapat membentuk DNA. Oleh karena itu, mengkonsumsi ikan salmon ini sangat penting dan wajib bagi penderita anemia.

  1. Konsumsi Hati Ayam dan Sapi
Hati Ayam

Hati Ayam

Makanan lain yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita anemia yaitu dengan mengkonsumsi hati ayam dan sapi. Dengan mengkonsumsi hati ayam dan sapi dapat membantu pembentukan sel darah merah lebih banyak dan cepat.

  1. Istirahat Cukup
Istirahat

Istirahat

Terlalu sering begadang di hingga larut malam menjadi salah satu penyebab utama dari anemia. Oleh karena itu, untuk membantu mempercepat proses penyembuhan sebaiknya hindari begadang hingga larut malam dan biasakan tidur lebih awal agar pada saat bangun pagi tubuh kembali segar.

  1. Batasi Konsumsi Kafein
Kafein

Kafein

Ketika anda menderita anemia, sebaiknya hindari konsumsi minuman berkafein. Karena minuman kafein juga menjadi salah satu penyebab anemia dan dapat mempersulit proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh.

Baca Juga :

Makanan Penambah Darah Lainya :

  • Daging Merah
  • Kacang almond
  • Biji wijen
  • Roti gandum
  • Tebu
  • Sawi
  • Kembang kol

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada para pembaca semua, semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan solusi dan pengetahuan bagi anda semua.

Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • obat sesak resep dokter yg paten
  • cara mengobati anemia
  • cara rutin setiap hari untuk menyembuhkan penyakit anemia
12 Cara Mengobati Anemia Secara Alami | Suster Cantik | 4.5
error: Content is protected !!