9 Cara Mengobati Luka Agar Cepat Kering dan Sembuh

Mengobati Luka

Mengobati Luka

Cara Mengobati Luka Agar Cepat Kering – Ketika kulit terluka tentu akan menyebabkan munculnya rasa sakit dan juga bekas luka yang dapat mengganggu penampilan. Luka yang disebabkan oleh karena mengalami kecelakaan seperti terjatuh dari kendaraan dan juga luka bakar biasanya akan lebih lama untuk disembuhkan, bahkan jenis luka tersebut akan menimbulkan bekas yang cukup sulit untuk dihilangkan jika tidak segera di obati dengan benar.

Luka yang tidak kunjung sembuh akan membusuk dan menyebabkan terjadinya koreng, koreng sendiri merupakan jenis luka yang dapat disertai dengan munculnya darah dan nanah. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk kita segera mengobatinya agar luka yang anda alami tidak bertambah parah dan luka akan cepat kering. Jika anda tidak sempat untuk pergi ke dokter atau membeli obat luka seperti salep atau sejenisnya, maka kami sarankan agar anda segera melakukan tindakan sebagai pertolongan pertama ketika anda terluka dengan menggunakan obat luka alami. Obat luka alami dapat dengan mudah anda temukan di dapur dan di sekitar anda.

Cara Mengobati Luka Secara Alami

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa anda jadikan sebagai obat luka alami, diantaranya yaitu :

  1. Obati Dengan Gula Pasir

Gula Pasir

Obat luka alami pertama yang bisa anda jadikan solusi alternatif untuk mengobati luka agar cepat kering yaitu bisa dengan menggunakan telur dan gula. Cara ini cukup efektif untuk mengobati luka agar cepat kering dan sembuh tanpa meninggalkan bekas luka. Caranya pun sangat mudah, yaitu cukup dengan menaburkan gula pasir pada bagian kulit yang terluka. Gula ini dapat membuat luka cepat kering dan juga dapat membunuh kuman yang ada pada luka, sehingga luka akan cepat sembuh.

  1. Obati Dengan Bubuk Kopi
Bubuk Kopi

Bubuk Kopi

Selain dengan gula pasir, bahan alami yang ampuh untuk mengobati luka yaitu dengan menggunakan bubuk kopi. Luka yang ditaburi dengan bubuk kopi akan cepat kering dan mengelupas, sehingga obat luka alami ini sudah digunakan sejak dulu. Cara mengobati luka dengan bubuk kopi sangat mudah, anda hanya tinggal menaburkan bubuk kopi pada permukaan kulit yang terluka. Agar luka cepat kering dan sembuh, sebaiknya lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari.

  1. Obati Dengan Madu
Madu

Madu

Sudah sejak dulu madu dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit dan juga dapat mengobati luka agar cepat kering dan mengelupas. Selain itu, madu juga memiliki sifat sebagai antiseptik alami yang dapat mencegah infeksi pada luka. Cara mengobati luka dengan madu sangat mudah, anda tinggal mengoleskan madu pada kulit yang terluka dan diamkan sampai kering. Pastikan sebelum dioleskan, luka dibersihkan terlebih dahulu dengan air hangat. Lakukan pengobatan secara rutin 2-3 kali sehari sampai luka kering dan mengelupas.

  1. Obati Dengan Lidah Buaya
Daun Lidah Buaya

Lidah Buaya

Gel yang terdapat pada tanaman lidah buaya mengandung beberapa senyawa aktif seperti polymannans, mannans asetat, antrakuinon, lektin, saponin dan juga antrakuinon. Semua zat tersebut dapat berkhasiat untuk mencegah perkembangan bakteri dan mencegah infeksi pada luka. Selain itu, kandungan zat yang terdapat pada tanaman lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk merangsang regenerasi sel kulit, sehingga luka akan cepat kering dan sembuh.

  1. Obati Dengan Jahe
Jahe

Jahe

Jahe tidak hanya dapat menghangatkan badan saja, karena ternyata jahe juga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk mengobati luka agar luka cepat kering. Hal ini dikarenakan, di dalam jahe terdapat kandungan zat seperti minyak atsiri (zingiberena), bisabolena, gingerol, kurkumen, filandrena dan juga resin pahit. Semua kandungan zat tersebut sangat efektif untuk menyembuhkan luka pada kulit seperti terjatuh, teriris pisau atau luka memar.

Cara mengobati luka dengan jahe cukup mudah, yaitu ambil jahe secukupnya lalu parut. Setelah itu, tempelkan parutan jahe tersebut pada luka yang sebelumnya telah dibersihkan dengan air hangat. Setelah itu, bungkus dengan perban agar parutan jahe tidak terjatuh dan ganti setiap 6 jam sekali.

  1. Obati Dengan Daun Babadotan (Ageratum conyzoides)
Ageratum conyzoides

Ageratum conyzoides

Babadotan merupakan salah satu jenis tanaman obat yang sudah sangat dipercaya sejak dulu dapat mengobati luka dengan cepat. Selain dapat digunakan untuk mengobati luka teriris atau terjatuh, daun babadotan juga dapat digunakan untuk mengobati bisul dan eksim. Caranya yaitu, siapkan daun babadotan secukupnya dan haluskan dengan cara di tumbuk dan diberi sedikit garam. Setelah itu, balurkan atau tempelkan daun babadotan yang telah dihaluskan tadi pada kulit yang terluka dan biarkan sampai kering. Lakukan pengobatan ini secara rutin 2 kali sehari sampai luka sembuh.

  1. Obati Dengan Getah Pisang

Getah Pisang

Jika anda teriris pisah atau benda tajam lainnya yang menyebabkan kulit robek dan berdarah, maka salah satu jenis obat alami yang bisa anda manfaatkan sebagai langkah dalam tindakan pertolongan pertama yaitu dengan menggunakan getah pisang. Getah pisang dapat menghentikan pendarahan dan luka akan cepat kering, karena teksturnya yang lengket getah pisang ini dapat berperan sebagai lem atau perekat alami untuk kulit yang luka atau robek.

Caranya yaitu, ambil getah pisang dengan memotong buah pisang mentah, lalu oleskan pada bagian kulit yang terluka atau robek. Biarkan sampai kering, pastikan setelah mengoleskan getah pisang ini kulit jangan dulu terkena air agar luka tidak terbuka kembali.

Obat Luka Di Apotik

Cara mengobati luka secara alami diatas hanya sebagai tindakan darurat saja, sehingga anda tetap membutuhkan pengobatan dengan menggunakan obat luka yang tepat yaitu dengan obat yang bisa anda dapatkan di apotik. Berikut ini beberapa jenis obat luka di apotik, diantaranya yaitu :

  1. Dexamethason atau

    Rivanol

    Rivanol

Salah satu obat luka di apotik yang ampuh untuk mengobati luka agar cepat kering yaitu dengan mengkonsumsi obat Dexamethason atau Amoxilin. Pemberian obat ini sangat diperlukan, terlebih jika luka yang anda alami sudah cukup parah. Penggunaan obat ini tentunya harus dengan pengawasan dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

  1. Rivanol

Amoxilin

Selain dilakukan pengobatan dalam, anda juga perlu melakukan pengobatan dari luar yaitu dengan rivanol. Fungsi dari rivanol sendiri yaitu untuk membersihkan luka, sehingga dapat mencegah pertumbuhan kuman dan mencegah terjadinya infeksi pada luka.

Perhatian :

Disamping melakukan pengobatan baik dengan obat alami maupun obat medis, anda juga perlu melakukan perawatan dengan baik agar luka yang anda alami tidak bertambah parah. Ketika dalam masa pengobatan, pastikan anda tidak menutup luka, karena dengan menutupi luka dapat menyebabkan luka sulit untuk sembuh dan lama kering. Selain itu, kondisi kulit yang lembab akibat sering ditutup dapat menyebabkan kuman cepat berkembang biak.

Demikianlah beberapa cara mengobati luka agar cepat kering dan mengelupas yang bisa kami sampaikan kepada anda semua, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • parutan jahe boleh di tempel kan di lika yang sudah kering?
  • obat alami untuk luka lemboan
  • cara agar luka cepat kering
  • obat alami perekat kulit yg terluka
  • mengobati luka sayat agar tertutup alami
  • Mengobati luka dengan serbuk obat
  • mengobati koreng yg gak lekas sembuh
  • kulit robrk di diamkan bisa sembuh
  • daun yg pakai obati luka agar cepat kering
  • apakah madu tj bisa untuk pengobatan luka supaya cepat kering
  • cara menyembuhkan luka agar cepat kerring dgn tumbuhan
  • cara mengobati luka agar cepat kering dan mengelupas di wajah selama 2 hari
  • cara mengatasi luka cepat sembuh
  • cara alami agar luka cepat kering dan sembuh
  • cara agar luka cepat sembuh dengan bahan bahan sekitar
9 Cara Mengobati Luka Agar Cepat Kering dan Sembuh | Suster Cantik | 4.5
error: Content is protected !!