4 Cara Mengobati Migrain Secara Alami

Cara Mengobati Migrain

Cara Mengobati Migrain

Cara Mengobati Migrain Secara Alami – Migrain adalah suatu kondisi dimana timbul rasa nyeri di kepala sedang hingga berat, gejala yang ditimbulkan terasa berdenyut yang umumnya menyerang bagian sisi kepala saja baik sisi sebelah kanan maupun kiri. Migrain sendiri jenis penyakit yang sering dialami oleh kaum wanita dibandingkan dengan kaum pria, bahkan menurut hasil dari sebuah penelitian WHO menjelaskan bahwa dari semua populasi manusia yang berusia mulai dari 18 hingga 65 tahun dilaporkan pernah mengalami sakit kepala dan 30 persen nya merupakan jenis sakit kepala migrain.

Bagi sebagian orang, penyakit migrain ini biasanya akan muncul hanya beberapa kali saja dalam setahun. Tetapi pada sebagian orang, sakit kepala migrain ini bahkan bisa muncul dan menyerang beberapa kali hanya dalam waktu seminggu. Pada beberapa kasus, rasa nyeri yang dirasakan bisa muncul pada bagian sisi kelapa dan juga bisa menyerang bagian leher dari penderitanya.

Mengidentifikasi Sakit Kelapa Migrain

Belum ada tes khusus yang dapat dilakukan untuk mendiagnosa sakit migrain, migrain sendiri dapat didiagnosa dengan cara melakukan identifikasi pola dari sakit kepala yang dapat disesuaikan dengan berbagai gejala yang ditimbulkan. Selain sakit di kepala, seseorang yang menderita migrain juga bisa mengalami gejala lain seperti rasa mual, muntah dan juga dapat menyebabkan seseorang yang menderitanya lebih peka terhadap suara dan cahaya.

Berikut ini beberapa jenis migrain yang penting untuk anda ketahui, yaitu :

  • Migrain Tanpa Aura

Migrain tanpa aura yaitu kondisi sakit kepala sebelah yang dapat terjadi tanpa ditandai dengan gejala. Jenis migrain tanpa aura ini dapat dilakukan diagnosis setelah pasien mengalami migrain sebanyak 5 kali.

  • Migrain Dengan Aura

Jenis migrain ini dapat dikenali dengan adanya gejala berupa terjadinya gangguan terhadap daya penglihatan, leher terasa kaku dan sering kesemutan di pada anggota tubuh. Migran dengan aura ini juga dikenal dengan sebutan migrain klasik, sakit kepala ini di alami hampir oleh sepertiga dari penderita migrain secara keseluruhan.

  • Aura Migrain Tanpa Sakit Kepala

Untuk jenis migrain ini dapat menyerang pada seseorang tanpa menimbulkan gejala sakit kepala.

Waspadai Kondisi Tertentu

Migrain adalah salah satu jenis penyakit yang tergolong umum dan sering di alami oleh banyak orang, bahkan penyakit ini tidak memerlukan penanganan khusus untuk mengobatinya. Namun meski demikian, penyakit ini harus tetap segera di obati karena cukup mengganggu aktivitas sehari-hari dengan rasa nyeri yang diderita. Selai itu, anda juga harus tetap waspada jika gejala migrain yang anda derita berlangsung sangat lama atau jika migrain sudah tidak bisa bisa di obati dengan onbat-obatan biasa. Penderita migrain sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi terlalu banyak obat-obatan pereda rasa sakit dalam jangka panjang, karena dapat mempersulit proses penyembuhan sakit kepala yang diderita.

Sakit kepala tertentu bahkan dapat memicu terjadi penyakit yang lebih serius lainnya seperti penyakit meningitis dan juga penyakit stroke. Untuk mewaspadainya, ada beberapa gejala yang patut untuk selalu anda waspadai, diantaranya yaitu :

  • Sakit kepala parah yang menyerang secara tiba-tiba dan bahkan belum pernah di alami sebelumnya.
  • Terasa lemas atau bahkan lumpuh pada bagian lengan, sisi wajah atau juga pada seluruh wajah.
  • Menderita sakit kepala yang bersamaan dengan gejala lainnya seperti deman, leher terasa kaku, kejang-kejang, penglihatan ganda, ruam pada kulit dan merasa kebingungan.
  • Berbicara dan juga gerakan bibir yang sangat sukit untuk dimengerti.

Apabila anda melihat atau bahkan mengalami gejala yang telah kami sebutkan diatas, maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penangan medis yang lebih serius.

Faktor Penyebab Migrain

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab dari penyakit migrain yang perlu anda ketahui, yaitu :

  • Faktor hormon. Bagi sebagian wanita sering mengalami migrain ketika memasuki masa menstruasi, kondisi ini dapat dipicu oleh karena terjadi perubahan hormon.
  • Anak-anak juga bisa terserang penyakit migrain, penyebab utamanya biasanya dapat dipicu oleh kelebihan berat badan.
  • Sekitar setengah dari penderita migrain dapat dipastikan memiliki riwayat keluarga yang pernah menderita migrain.
  • Migrain juga dapat dipicu oleh terjadinya perubahan zat kimia, pembuluh darah, jaringan saraf dan juga otak.
  • Migrain dapat disebabkan oleh karena terlalu sering mengkonsumsi makanan dan minuman seperti coklat, kafein, keju, bumbu penyedap dan juga minuman beralkohol.
  • Faktor penyebab migrain lainnya yang sering di alami oleh penderita migrain yaitu kelelahan dan juga stres.

Lalu, bagaimana cara menangani penyakit migrain?

Migrain dapat berdampak buruk bagi penderitanya jika tidak segera ditangani, terkadang seseorang yang terserang migrain tidak dapat melakukan aktivitas dengan baik dan membutuhkan waktu beristirahat selama beberapa hari di tempat tidur.

Ada beberapa metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk meringankan gejala migrain dan mencegah migrain mengganggu kehidupan dari para pengidapnya. Dengan istirahat dan berbaring di tempat tidur dapat menjadi solusi terbaik, kemudian untuk meringankan rasa nyeri yang menyiksa dapat di obati dengan minum obat pereda rasa nyeri dan triptan. Jika lebih dari 3 hari migrain tidak kunjungi sembuh dan malah bertambah parah, maka sebaiknya segera kunjungi dokter terdekat.

Baca Juga :

Cara Mengobati Migrain Secara Alami

Jika kondisi migrain yang anda alami tidak terlalu parah, maka anda juga bisa melakukan pengobatan dengan menggunakan obat-obatan alami untuk meredakan migrain. Melakukan pengobatan migrain secara alami dianggap lebih aman dan tanpa menimbulkan efek samping berbahaya seperti penggunaan obat medis. Berikut ini beberapa cara mengobati migrain secara alami dirumah. diantaranya yaitu :

  1. Minum Kopi Hangat

Dengan menikmati kopi hangat ternyata sangat efektif untuk meredakan rasa nyeri pada penderita migrain, karena kandungan kafein yang terdapat pada kopi juga sering dijadikan sebagai bahan campuran dari obat-obatan medis. Namun pastikan anda tidak terlalu sering minum kopi, karena anda bisa mengalami ketergantungan dan mengalami gangguan tidur. Cukup minum 1 cangkir sehari, selain dapat meredakan sakit kepala juga dapat mengembalikan energi tubuh yang telah terkuras.

  1. Lakukan Pemijatan Pada Pelipis

Metode pengobatan migrain dengan tehnik ini sebaiknya tidak dilakukan oleh sembarangan orang, pastikan orang yang melakukannya sudah terlatih dan berpengalaman dalam melakukan pemijatan. Cara ini bisa anda lakukan jika anda ingin mengobati migrain tanpa mengkonsumsi obat-obatan kimia.

  1. Menghirup Aroma Minyak Gosok

Ketika migrain menyerang secara tiba-tiba dan di rumah anda tidak tersedia obat-obatan, maka solusi alternatif terbaik untuk meringankan sakit kepala bisa dengan menghirup aroma khas dari minyak gosok dan oleskan juga pada bagian pelipis dan leher yang terasa kaku. Cara alami ini dapat memberikan rasa nyaman dan mengurangi rasa sakit tanpa harus minum obat, setelah beberapa lama anda akan merasa lebih sehat dan rasa sakit pun berangsur-angsur akan hilang.

  1. Minum Air Jeruk Hangat

Selain menyegarkan, minum air jeruk hangat juga dapat membantu meringankan gejala-gejala yang timbul akibat terserang migrain. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk sangat efektif untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Itulah penjelasan yang bisa kami sampaikan mengenai cara mengobati migrain, semoga ulasan diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk anda semua yang saat ini sedang merasa tersiksa dengan migrain.

Semoga lekas sembuh dan sampai jumpa.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • obat sakit kepala migren stiap aktivitas
  • obat untuk mengobati migran
  • obt alami migrain pipi
4 Cara Mengobati Migrain Secara Alami | Suster Cantik | 4.5
error: Content is protected !!