7 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Medis

Loading...
Cara Mengobati Kolesterol Tinggi

Cara Mengobati Kolesterol Tinggi

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi – Penyakit kolesterol tinggi atau dalam ilmu kedokteran disebut dengan hiperkolesterolemia. Kadar kolesterol yang terlampau tinggi dalam darah dapat mengakibatkan seseorang terserang penyakit yang serius, penyakit yang dapat diderita oleh mereka yang menderita kolsterol tinggi sering kali dikaitkan akibat adanya pengendapan kolesterol yang terlalu berlebihan pada pembuluh darah seperti penyakit jantung dan stroke.

Kolsterol tinggi sendiri merupakan senyawa lemak lilin yang paling banyak dihasilkan oleh hati dan sisanya dapat dihasilkan dari makanan yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Menurut data yang dilaporkan WHO pada tahun 2011 silam telah diperkiran mencapai 35% penduduk Indonesia yang menderita kolesterol tinggi, ini artinya sepertiga penduduk yang ada di Indonesia memiliki resiko cukup tinggi untuk terserang penyakit arteri.

Kadar kolsterol yang berlebihan dapat disebabkan oleh faktor makanan yang memiliki kandungan kolesterol tinggi atau bisa juga disebabkan oleh karena kurangnya melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Disamping itu, kolesterol tinggi juga bisa di picu oleh faktor keturunan atau genetik. Jadi dapat kita simpulkan bahwa jika salah satu dari kedua orang tua yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka besar kemungkinan keturunannya pun beresiko memiliki kolesterol tinggi dalam tubuhnya.

Loading...

Lalu, apa langkah yang harus dilakukan untuk menurunkan kolesterol tinggi?

Pengobatan Kolesterol Tinggi Secara Medis

Jika dokter sudah mendiagnosa bahwa anda mengidap kolesterol tinggi, maka biasanya dokter akan menyarankan anda untuk merubah pola hidup mulai dengan menerapkan pola makan sehat, berhenti merokok dan rutin berolahraga. Hal ini sangat penting untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengambalikan kadar kolesterol tinggi ke batas normal dan mencegah kolesterol kembali meningkat.

Dengan mengkonsumsi makan sehat yang mengandung lemak jenuh yang rendah, maka dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. selama dalam proses pengobatan ini, maka sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi beragam jenis makanan yang dapat memicu peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh, diantaranya seperti :

  • Daging kambing
  • Otak sapi
  • Daging bebek dan kulit
  • Kulit ayam
  • Jeroan
  • Cumi
  • Makanan bersantan
  • Kerupuk
  • Kue dan biskuit
  • Telur burung puyuh

Bagi kaum pria tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan mengandung lemak jenuh lebih dari 30 gram setiap harinya, sedangkan untuk kaum wanita tidak boleh mengkonsumsi lemak jenuh lebih dari 20 gram setiap harinya. Untuk mengetahui jumlah lemak jenuh yang terdapat pada suatu makan dapat kita lihat dari daftar takaran nilai gizinya yang biasanya tertera pada belakang kemasannya.

Loading...

Hampir semua para ahli nutrisi mempercayai bahwa kandungan zat lemak yang terdapat pada avokad, makarel, salmon dan minyak ikan tuna sangat baik untuk kesehatan, karena kandungan zat tersebut juga dikenal dengan asam lemak omega 3. Bagi para penderita trigliserida yang tinggi sangat disarankan untuk perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3, ini bertujuan untuk membantu menurunkan kadar trigliserida dalam tubuhnya. Meski demikian, anda tetap tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan karena dapat menyebabkan kegemukan (obesitas).

Cara mengobati kolesterol tinggi dengan obat

Jika dalam waktu beberapa bulan kadar kolesterol tinggi tidak kunjung turun meskipun anda sudah merubah pola hidup menjadi lebih sehat, maka biasanya dokter akan meresepkan obat penurun kolesterol tinggi untuk anda konsumsi.

Ada banyak sekali jenis obat penurun kolesterol tinggi, setiap jenis obat tersebut memiliki fungsi dan carfa kerja yang berbeda-beda. Untuk mengetahui obat apa yang cocok untuk anda, maka anda dapat mengkonsultasikannya dengan dokter. Namun jika anda juga mengidap penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka besar kemungkinan dokter akan meresepkan anda obat untuk menurunkannya. Beberapa jenis obat penurun kolesterol tinggi yang mungkin akan diresepkan oleh dokter yaitu aspirin, statin dan ezetimibe.

Statin sendiri merupakan jenis obat penurun kolesterol tinggi yang dapat bekerja dengan cara memblokir kandungan enzim dalam hati yang memiliki tugas untuk memproduksi kolesterol. Jika obat ini diresepkan oleh dokter, biasanya dokter akan menyarankan anda untuk mengkonsumsi obat ini seumur hidup. Hal ini dikarenakan, jika obat statin ini tidak diberikan kadar kolesterol dalam darah bisa kembali meningkat dan dapat memicu serangan penyakit lain yang terkait seperti misalnya serangan jantung.

Loading...

Ada banyak jenis obat statin, beberapa jenis obat statin yang disarankan oleh dokter diantaranya seperti atorvastatin, simvastatin dan rosuvastatin. Namun perlu anda ketahui bahwa ada sebagian pasien yang sering intoleran terhadap penggunaan statin dan menimbulkan efek samping ketika mengkonsumsinya. Efek samping yang biasanya muncul yaitu seperti terjadi gangguan pada pencernaan dan nyeri otot.

Selain pemberian obat statin, dokter juga mungkin akan menyarankan untuk dilakukan pemberian obat aspirin dengan dosis yang rendah. Dengan dosis yang rendah pemberian aspirin dapat membantu mencegah terjadinya pembentukan gumpalan darah, aspirin tidak disarankan untuk diberikan kepada anak-anak dengan usia dibawah 16 tahun.

Bagi pasien penderita kolesterol tinggi yang tidak cocok dengan pemberian obat statin disebabkan karena efek sampingnya, sedangkan jika diberikan jenis obat-obatan lain yang dapat menyebabkan kinerjanya menjadi terganggu atau dapat menyebabkan penyakit yang dideritanya semain parah akibat mengkonsumsi statin. Maka kemungkinan dokter akan menyarankan agar mengkonsumsi jenis obat ezetimibe.

Penggunaan obat ezetimibe dapat dikombinasikan dengan statin apabila penggunaan statin dirasa kurang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi. Ezetimibe dapat bekerja dengan mencegah proses terjadinya penyerapan kolesterol dalam usus yang dihasilkan dari makanan, ezetimibe ini biasanya tidak akan seampuh dan seefektif statin tetapi obat ini memiliki efek samping yang lebih rendah. Efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan obat ini sama seperti efek samping yang disebabkan penggunaan statin yaitu terjadi gangguan perut dan nyeri otot.

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami

Disamping melakukan pengobatan secara medis, sebaiknya lakukan juga pengobatan untuk menurunkan kolesterol tinggi dengan cara alami. Pengobatan secara alami memang tidak akan secepat dengan pengobatan medis dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia, tetapi pengobatan secara alami dapat membantu proses penyembuhan dan mengontrol kadar kolesterol tetap stabil.

Berikut ini beberapa obat penurun kolesterol alami yang bisa anda gunakan, diantaranya yaitu :

  1. Rutin dan teratur mengkonsumsi oatmeal.
  2. Mengkonsumsi buah anggur.
  3. Cukupi asupan omega 3 dengan mengkonsumsi ikan sepertin ikan salmon dan ikan tuna.
  4. Ganti cemilan anda dengan mengkonsumsi kacang-kacangan.
  5. Mengkonsumsi buah alpukat.
  6. Minum teh hitam secara rutin dan teratur setiap pagi dam malam sebelum tidur.
  7. Ganti minyak goreng biasa yang sering anda pakai dengan minyak zaitun.

Catatan :

Anda dapat mengkombinasikan pengobatan medis dengan pengobatan alami, jika dilakukan secara rutin dan teratur dapat membantu mempercepat proses penyembuhan.

Demikian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengobati kolesterol tinggi baik secafra medis maupun alami, semoga ulasan kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Terima kasih atas perhatiannya dan semoga lekas sembuh.

Loading...
7 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Secara Alami dan Medis | Suster Cantik | 4.5
error: Content is protected !!