15 Obat Asma di Apotik dan Tradisional Paling Ampuh

daftar obat asma

Sumber : daftarobat.com

Obat Asma di Apotik dan Tradisional – Penyakit Asma atau sesak nafas merupakan jenis penyakit yang dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman, biasanya penyakit ini sering di sertai dengan munculnya rasa nyeri dan berat ketika sedang menarik nafas. Ada beberapa jenis obat asma atau sesak nafas yang bisa anda dapatkan di apotik-apotik, namun anda juga bisa mengkonsumsi obat asma tradisional yang dapat kita buat sendiri di rumah.

Ketika seseorang menderita sesak nafas, maka frekuensi pernafasan akan menjadi lebih cepat mencapai 24 kali per menit. Sesak nafas sendiri merupakan suatu gejala dari suatu penyakit serius yang tidak boleh kita anggap remeh, karena penyakit sesak nafas atau asma ini dapat menyebabkan kematian.

Daftar Nama Obat Asma Di Apotik Paling Ampuh

Ada banyak sekali nama jenis obat asma yang dijual di apotik, namun pada kesempatan kali ini kami hanya akan membagikan nama-nama obat yang terbukti paling ampuh dan sering direkomendasikan atas resep dokter, yaitu :

1. Kortikosteroid

Kortikosteroid merupakan salah satu jenis obat asma atau sesak nafas yang dapat menjadi penghalang respon. Apabila terjadi peradangan ketika gangguan asma menyerang, maka anda bisa minum obat ini. Obat mampu menurunkan frekuensi dari sesak nafas jika digunakan dengan tepat sesuai anjuran dokter. Kortikosteroid cocok digunakan sebagai obat asma anak, asalkan diberikan sesuai anjuran dokter.

Berikut ini beberapa contoh obat Kortikosteroid inhalasi yang bisa anda dapatkan di apotik, diantaranya seperti :

  • Becloment atau dikenal juga dengan nama Beclomethasone Dipropionate dengan dosis 200 μg
  • Inhalasi aerosol dengan dosis 200 μg, obat ini dapat dikonsumsi 2 kali sehari untuk usia dewasa. Sedangkan untuk usia anak dapat diberikan 2 kali sehari dengan dosis 50-100 μg
  • Budesonide Pulmicort, obat asma ini tersedia dalam beberapa dosis mulai dari 100 μg, 200 μg dan juga 400 μg.
  • Flixotide atau flutikason propionate, obat ini tersedia dengan dosis 50 μg dan 125 μg. Untuk usia diatas 16 tahun bisa diminum 2 kali sehari dengan dosis 100 – 250 μg, sedangkan untuk anak usia mulai dari 4 tahun sampai 16 tahun dapat diberikan 2 kali sehari dengan dosis 50 μg – 100 μg.
  • Inhalasi aerosol, obat ini bisa diberikan 2 kali sehari dengan dosis 200 μg.
  • Serbuk Inhalasi dapat diberikan dengan dosis 200 μg – 1600 μg untuk usia dewasa, sedangkan untuk anak-anak diberikan dengan dosis 200 μg – 800 μg.

2. Antikolinergik

Antikolinergik adalah obat asma generik yang mampu mencegah terjadinya kontraksi otot ketika terjadi penyempitan pada saluran pernafasan. Selain itu, obat ini juga sekaligus dapat memperbesar saluran pernafasan sehingga dapat mencegah seseorang mengalami sesak nafas. Beberapa contoh jenis obat Antikolinergik diantaranya seperti atropine, benzatropin, oksibutin, ipratopium, diphenhidramin dan dimenhidramin.

Obat asma Antikolinergik juga dapat menimbulkan efek samping tertentu di alami pada bagian panca indera seperti mulut dan juga mata kering, daya penglihatan menjadi kabur dan pandangan terasa silau. Selain itu, efek samping dari penggunaan obat ini juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman seperti sakit tenggorokan, kulit kering, muncul ruam pada kulit, demam, jantung berdebar, sulit BAB, sembelit dan mengalami gangguan saraf otak. Untuk dosis yang diberikan berbeda-beda sesuai dengan jenis obat dan juga tingkat keparahan dari jenis penyakit asma atau sesak nafas yang diderita.

3. Agonis Reseptor Beta Adrenergik

Obat sesak nafas yang satu ini merupakan jenis obat sesak nafas resep dokter yang cukup ampuh. Obat ini dapat berfungsi untuk mengurangi efek serangan yang disebabkan oleh aktivitas fisik tertentu dan obat ini juga dapat memberikan rangsangan yang dapat memperlebar saluran pernafasan.

4. Obat Golongan Theophylline

Obat sesak nafas ini termasuk ke dalam golongan jenis obat asma di apotik yang tersedia dalam beberapa jenis seperti tablet, sirup dan juga kapsul. Obat ini baik untuk diberikan kepada penderita asma yang sudah cukup parah. Obat ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan juga anak-anak, tetapi tidak dianjurkan untuk diberikan kepada wanita hamil dan menyusui.

5. Cromolin dan Nedocromil

Kedua jenis obat asma ini memang bukan untuk mengobati asma atau sesak nafas, akan tetapi lebih untuk mencegah atau meredakan sesak nafas. Harga kedua obat ini juga memang tergolong cukup mahal, namun terbilang aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan dewasa.

6. Cordyceps Plus Capsule

Cordyceps Plus Capsule merupakan termasuk jenis obat herbal yang diracik dari bahan-bahan alami yang sudah teruji secara klinis akan khasiatnya. Proses produksi yang dilakukan secara modern dengan teknologi berstandar internasional, obat asma ini aman dikonsumsi dan dapat menjadi salah satu solusi alternatif terbaik untuk menangani penyakit asma.

7. Accolate

Accolate juga merupakan jenis obat asma di apotik yang ampuh untuk mencegah dan menangani gejala asma jangka panjang baik pada orang dewasa maupun anak-anak yang usianya diatas 12 tahun. Akan tetapi obat asma ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan menyusui serta penderita penyakit asma usia lanjut diatas 65 tahun. Obat Accolate dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan pada pencernaan, sakit kepala, pendarahan, memar dan reaksi hipersensitif. Dosis yang dianjurkan pada obat asma ini 2 kali sehari.

8. Alupent Spray

Alupent Spray merupakan jenis obat asma semprot yang dapat berfungsi untuk meringankan reaksi dari bronkospasme reversibel yang masih berkaitan dengan jenis penyakit paru, bronkitis kronis, tuberkulosis, silikosis, sarkoidosis dan juga emfisema asma bronkial. Selain itu, obat ini juga efektif untuk mengatasi penyakit asma yang diakibatkan dari faktor bronkofasme. Reaksi dari penggunaan Alupent Spray ini biasanya 30 menit setelah pemakaian dan dapat bertahan antara 3-6 jam.

9. Jelly Gamat Gold-G

Jelly Gamat Gold-G merupakan jenis obat asma tradisional atau obat herbal yang terbuat dari jenis hewan laut berupa teripang spesies terbaik di dunia, hewan laut ini kemudian diolah secara modern dan dikemas dalam bentuk kapsul tanpa campuran bahan-bahan kimia berbahaya. Jelly Gamat Gold-G bisa anda dapatkan dengan mudah di apotik atau toko obat.

Di dalam obat ini kaya akan kandungan mineral, karbohidrat, asam amino, vitamin, asam lemak dan masih banyak lagi nutrisi baik lainnya. Semua nutrisi yang terkandung di dalam Jelly Gamat Gold-G ini mampu memperbaiki sel-sel yang telah rusak dan juga mencegah terjadinya penyempitan pada saluran pernafasan.

10. Cordyceps Plus Capsule dan Ganoderma Plus Capsule

Cordyceps Plus Capsule dan Ganoderma Plus Capsule merupakan obat herbal yang ampuh untuk mengobati penyakit asma atau sesak nafas, obat ini aman di konsumsi oleh siapa saja dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya. Obat ini dapat dikonsumsi 2 kali sehari 2 kapsul sekali minum, obat sesak nafas ini bisa anda dapatkan di apotik-apotik terdekat.

Daftar Obat Asma Tradisional yang Bisa di Buat Sendiri Secara Alami

  1. Jahe

Rempah-rempah jahe ini penuh dengan berbagai khasiat selain untuk menghangatan tubuh ternyata jahe bisa dijadikan obat asma secara tradisional. Dari berbagai penelitian jahe dapat menyembuhkan perdangan dan menambah kekebalan tubuh, Sementara asma sediri disebabkan oleh radang pada saluran nafas bawah dikarenakan tubuh tidak dalam kondisi fit. Sebagian orang pedesaan dulu jahe merupkan salah satu obat asma yang paling ampuh dan biasanya dicampurkan madu.

Dalam penggunaannya jahe bisa langsung dihaluskan dengan cara ditumbuk, ataupun bisa dipotong kecil-kecil setelah itu siapkan air hangat dan madu sesuai dengan porsi yang anda mau.

  1. Madu

Berbagai macam obat herbal maupun tradisional pastinya tidak bisa terlepas dari madu, banyak yang menyebutkan bahwa air yang dihasilkan oleh lebah ini adalah cairan ajaib karena khasiatnya untuk kesehatan dan penyembuhan berbagai penyakit terutama untuk obat asma. Madu sendiri bias melancarkan saluran pernafasan serta mengencerkan lendir yang menghambat didalamnya.

Namun perlu diingat bila anda ingin mengobati asma dengan madu jangan sampai menggunakan air dingin karena bisa bisa malah mamperburuk penyakit anda, dan juga jangan menggunakan air yang terlalu panas karena dapat menyebabkan hilangnya nutrisi yang terdapat pada madu. Maka yang perlu dilakukan adalah campurkan madu dengan air hangat.

Cara penggunaan madu sebagai obat asma secara tradisional :

>>Siapkan 1/4 sdt bubuk kunyit (bisa dengan kunyit yang sudah dibersihkan)

>>1/2 sdt bubuk kayu manis (jika tidak ada bubuk kunyit)

>>1 sdt tumbukan bawang putih

>>Lalu campurkan dengan madu serta air hangat

  1. Bunga Kenangan Kering

Sering kita ketahui bunga sering dipakai untuk hiasan atau tanaman hias dirumah namun tidak semua bunga untuk hiasan masih banyak bunga yang bisa bermanfaat untuk kesehatan dan bahkan menyembuhkan penyakit, salah satunya adalah bunga kenangan kering yang bisa menyembukan asma secara alamai. Berikut adalah cara pembuatan obat asma dengan menggunakan bunga kenangan kering secara tradisional :

>>Sediakan bungga kenangan kering 3 kantum

>>Rebus dengan air 200cc sampai mendidih dan tutup rapat-rapat

>>Minumlah airnya saat hangat, lakukan ini secara rutin.

  1. Buah Cermai

Setelah tadi kita bahas obat asma dari rempah-rempah, madu, bunga dan sekarang kita bakal membahas obat asma dengan buah cermai yang diolah secara alami. Banyak yang tidak mengira bahwa buah yang memiliki rasa unik ini tenyata mampu dijadikan salah satu obat asma tradisional yang sangat ampuh. Berikut adalah cara pembuatan obat asma dengan buah cermai :

>>Siapkan 5 biji buah cemai

>>Dua siung bawang merah

>>1/4 gengam akar kara

>>Dua gelas air matang

>>8 Butir kelengkeng (cuci hingga bersih)

Lalu tumbuk semua bahan hingga halus setelah itu rebus tumbukan tadi dengan mencampurkan 2 gelas air dan tunggu sampai airnya tinggal tersisa sedikit atau hanya 1/2 gelas. Minumlah secara rutin.

  1. Daun Ki Tolod

Siapa yang menyangka bahwa daun ki tolod mampu bermanfaat bagi kesehatan dan bisa menyembuhkan penyakit asma. Daun Ki Tolod ini sudah sering dipakai oleh sebagian orang untuk menyembuhkan penyakit asma secara tradisional dengan alasan sangat ampuh dan juga dinilai cukup efektif untuk menyembuhkan asma. Berikut adalah cara penggunaan daun ki tolod sebagai obat asma secara alamai :

>>Siapkan 2 lembar daun ki tolod (cuci hingga bersih)

>>2 gelas air

>>Setelah itu rebus bersamaan hingga airnya tersisa setengahnya.

>>Minumlah air hasil rebusaan saat dingin dan lakukan secara rutin minimal 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari.

Demikianlah 15 Jenis obat asma di apotik dan tradisional paling ampuh yang dapat kami informasikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan dapat anda jadikan sebagai referensi.

Terima kasih dan sampai jumpa.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • nama obat asma di apotik
  • Ramuan herbal obat asma di apotik
  • Obat herbal untuk mengobati asma yang dijual di apotik kota batam
  • obat asma yg bagus dn aman resep dokter
  • obat asma yang tersedia di apotik
  • obat asma yang ada di apotik
  • obat asma atu sesak nafas dngan resep dokter
  • obat asma ampuh di apotik
  • nama obat sesak napas anak resep dokter anak
  • mana yg bagus kapsul asma atau madu asma
  • Madu untuk sesak di apotek
  • herbal untuk asma daftar
  • harga obat sesak nafas di apotik
  • daftar obat sesak napas yang paling manjur
  • daftar obat asma apotex
15 Obat Asma di Apotik dan Tradisional Paling Ampuh | Suster Cantik | 4.5
error: Content is protected !!