20 Obat Cacingan di Apotik dan Tradisional

Obat Cacingan

Obat Cacingan

Daftra Obat Cacingan Untuk Dewasa dan Anak-Anak  Cacingan adalah satu penyakit yang disebabkan karena gaya hidup yang kurang bersih. Penanganan yang tepat sangat dibutuhkan untuk mengatasi penyakit ini agar cacing dalam tubuh tidak berkembang semakin banyak. Penanganannya bisa dilakukan dengan minum obat penghilang cacingan. Cacingan disebabkan oleh larva atau telur cacing yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya cacingan ini menyerang anak-anak, karena anak-anak cenderung suka memasukkan apa saja ke dalam mulut. Mungkin juga ketika sedang bermain, anak-anak tanpa sengaja memegang benda-benda yang sudah terkontaminasi atau mengandung telur cacing. Namun, tak menutup kemungkinan orang dewasa juga bisa terjangkit cacingan. Gejala cacingan biasanya adalah munculnya rasa gatal di sekitar dubur serta terdapat cacing pada feses saat buang air besar.

Penyakit cacingan ini akan beresiko sangat besar pada pertumbuhan anak jika tidak segera diobati. Oleh karena itu, ketika anak sudah mengalami keluhan gatal pada duburnya, Anda sebaiknya segera memeriksakan ke dokter agar diberikan obat. Ada beberapa obat cacingan kremi untuk anak-anak dan orang dewasa di apotek yang bisa Anda temukan di apotek terdekat, diantaranya:

Obat Cacingan di Apotek

  1. Combantrin

Salah satu obat penghilang cacingan yang paling mudah didapatkan adalah combantrin. Obat ini mengandung pirantel pamoat yang bisa membunuh berbagai jenis cacing dengan cara menyerang cacing pada saluran pencernaan yang kemudian keluar bersamaan dengan kotoran. Beberapa ciri-ciri ketika seseorang menderita penyakit cacingan adalah tidak bertambahnya berat badan walaupun sudah makan banyak. Selain itu, juga ditandai dengan perut buncit serta gatal-gatal di sekitar dubur.

  1. Konvermex

Obat penghilang cacingan selanjutnya yang bisa Anda temukan di apotek adalah Konvermex. Konvermex adalah obat penghilang cacingan paling ampuh yang bisa dikonsumsi baik oleh orang dewasa maupun anak-anak. Seperti obat lainnya, Konvermex mengandung Pyrantel Pamoate sebesar 250 mg setiap kapsulnya. Dosisnya yang tidak terlalu besar inilah yang membuat obat ini bisa dikonsumsi baik oleh anak-anak maupun dewasa.

  1. Albendazol

Albendazol adalah obat penghilang cacingan paling ampuh yang selanjutnya. Obat ini sangat efektif untuk mengatasi cacingan yang disebabkan oleh serangan cacing tambang, pita, kremi maupun gelang. Obat ini juga bisa diberikan kepada orang dewasa dan juga anak-anak dengan usia diatas 2 tahun. Namun, obat ini tidak boleh diberikan pada wanita hamil karena bersifat teratogenik. Obat ini bekerja dengan menghambat polimerasi tubulin yang menyebabkan turunnya produkdsi ATP cacing dan berujung mematikan cacing-cacing tersebut.

  1. Vermox

Banyak sekali jenis obat penghilang cacingan di apotek yang saat ini bisa Anda dapatkan, termasuk Vermox. Obat penghilang cacingan ini sangat efektif membunuh segala jenis cacing, tak terkecuali cacing cambuk yang terkenal karena bisa menyebabkan anemia. Seperti jenis obat cacingan lainnya, Vermox bekerja membunuh cacing dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan bersama kotoran. Vermox ini bisa membunuh cacing pada setiap siklus perkembangan  cacing. Untuk mengonsumsi obat ini Anda harus menimbang berat badan terlebih dahulu untuk bisa menentukan dosis yang akan diberikan.

  1. Piperazin

Piperazin adalah obat penghilang cacingan untuk dewasa dan anak yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek. Namun, obat ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui dan wanita hamil pada usia kandungan trimester pertama. Untuk ibu menyusui yang terpaksa mengonsumsi obat ini, maka tidak diperbolehkan menyusui sampai 8 jam setelah minum obat. 

Sementara untuk obat cacing kremi untuk anak-anak dan orang dewasa memiliki beberapa pilihan obat yang dapat dipakai untuk menghilangkan cacing kremi dalam tubuh kita, sama halnya dengan menghilangakan cacing yang lain, Berikut adalah daftar obat cacing kremi sesui dengan resep dokter :

Daftar Obat Cacing Kremi

Obat Cacing Kremi

Obat Cacing Kremi

  • Obat Albendazola

Obat ini bekerja lewat cara menghambat serta menghalangi polimerisasi tubulin, hingga terjadinya degenerasi mikrotubulus sitoplasma. Turunkan produksi ATP di cacing, mengakibatkan deplesi daya, imobilisasi, serta pada akhirnya kematian. Ini dapat adalah obat cacing kremi yang ampuh tetapi cuma dapat diperoleh lewat resep dokter.

Pemakaiannya juga sekali gunakan yakni dengan dosis 400 mg. Obat cacing kremi diatas masih tetap efisien membunuh cacing kremi sampai sekarang ini, tetapi yang paling penting yaitu mebendazole atau albendazole.

Seperti sudah diterangkan, pemakaiannya cukup hanya sekali minum serta bisa diulang 2 minggu setelah dosis awal manfaat menghindar terulangnya infeksi cacing. Akan tetapi, senantiasa tanyakan dengan dokter apakah seorang memanglah terserang cacing kremi serta apakah dia memerlukan obat cacing kremi. Demikian, mudah-mudahan berguna.

  • Pirantel pamoat

Langkah kerjanya yakni menghalangi kolinesterase, menyebabkan kelumpuhan spastik pada cacing. Untuk obat cacing kremi yang satu ini anda hanya cukup Meminumnya satu kali dengan dosis seperti berikut :

Dosis yang pas dihitung berdasar pada berat tubuh, yakni yaitu 10 mg/kgBB. Walaupun itu, dosis tak bisa melebihi 1 gr. Perlu untuk diketahui pirantel pamoat umumnya ada berbentuk tablet 125 mg serta 250 mg, dan sirup 250mg/5ml. Dengan hal tersebut jika anak mempunyai berat tubuh 12 kg, jadi berikanlah 1/2 sendok takar, atau tablet yang diisi 125 mg pirantel pamoat.

Umpamanya untuk orang dewasa dengan berat tubuh 50 kg, jadi obat cacing kremi yang diperlukan yaitu 4 tablet pirantel pamoat 125 mg, atau 2 tablet pirantel pamoat sediaan 250mg. Pirantel Pamoat yaitu nama generik, yang segera bisa dibeli dengan nama itu, atau mungkin dengan nama dagang (merk) yang beragam jenis seperti Combantrin, Konvermex, Pantrin, Omegpantrin, dan lain-lain. Semua bisa dibeli tanpa ada resep dokter, tetapi mesti senantiasa memerhatikan info pada label.

  • Mebendazole

Mengakibatkan kematian cacing dengan cara selektif serta ireversibel menghambat penyerapan glukosa serta nutrisi yang lain dalam usus dimana cacing tinggal. Ini dapat adalah obat cacing kremi yang bisa dipakai untuk orang dewasa ataupun anak-anak dengan dosis yang sama yakni 100 mg sekali minum, bisa diulang 2-3 minggu selanjutnya (bila perlu). Obat cacing kremi ini dapat juga dibeli di apotek tanpa ada resep dokter dengan nama generik mebendazol serta beragam merk dagang seperti Mebex, Vermox, Hokzole, Azol, dan sebagainya.

Obat Cacingan Tradisional Secara Alami

Obat Cacingan Tradisional

Obat Cacingan Tradisional

  1. Bawang putih

Obat penghilang cacingan dengan menggunakan bawang putih bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan dikonsumsi secara langsung atau menempelkan parutan bawang putih pada dubur untuk mengatasi cacingan karena cacing kremi. Cara membuat obat penghilang cacingan tradisional yang dikonsumsi adalah dengan merebus 3 siung bawang putih dan temu hitam yang diparut kemudian diambil sarinya. Tambahkan sedikit madu untuk menghilangkan rasa temu hitam yang sangat pahit. Kemudian minum ramuan ini secara teratur.

  1. Biji lamtoro

Biji lamtoro yang biasanya digunakan untuk sayur atau lalapan ternyata bisa juga dimanfaatkan sebagai obat penghilang cacingan paling ampuh. Mengolah biji lamtoro untuk obat penghilang cacingan bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama dimakan secara langsung secara rutin setiap hari. Yang kedua adalah dengan menyangrai biji lamtoro sampai hitam kemudian ditumbuk sampai halus. Selanjutnya tinggal menyeduhnya dengan air panas layaknya menyeduh kopi, lalu diminum secara rutin.

  1. Wortel

Wortel memang sangat lezat jika dijadikan sebagai bahan makanan atau diolah menjadi jus. Nilai manfaat wortel bertambah karena ternyata wortel juga bisa diolah untuk dijadikan obat penghilang cacingan. Cara mengolahnya adalah dengan mencampurkan air perasan wortel dengan santan dengan ukuran yang sama, yaitu masing-masing 2 cangkir. Kemudian campuran tersebut ditambahkan garam secukupnya. Minumlah ramuan ini untuk membunuh cacing-cacing dalam tubuh Anda.

  1. Kulit mangga

Jangan remehkan kulit mangga yang biasanya hanya dibuang, karena kulit mangga bisa diolah menjadi obat penghilang cacingan. Caranya adalah dengan merebus kulit mangga selama 15 menit untuk mengeluarkan zat antelmintik pada kulit mangga. Antelmintik pada kulit mangga dipercaya ampuh membantu mencegah penyakit cacingan, serta ampuh juga untuk membunuh kuman dan bakteri di dalam tubuh Anda. Air rebusan kulit mangga ini sangat ampuh membunuh bakteri-bakteri jahat dan larva dalam perut.

  1. Daun pepaya

Daun pepaya sudah terbukti ampuh sebagai bahan pembuat obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun pepaya adalah cacingan. Caranya adalah dengan merebus satu lembar daun pepaya ditambah akar tanaman melati. Rebus kedua bahan ini dengan air sebanyak 600 cc, kemudian tunggu hingga air rebusan berkurang separuhnya. Minumlah air rebusan ini selagi hangat. Jika perlu, tambahkan sedikit madu untuk mengurangi rasa pahit dari daun pepaya tersebut. Air rebusan daun pepaya ini sangat ampuh mengobati cacingan.

Itu tadi beberapa tanaman yang dapat digunakan sebagai obat penghilang cacingan tradisional. Tanaman-tanaman ini tentu tidak asing bagi Anda yang suka memanfaatkan tanaman di sekitar Anda sebagai bahan pembuat obat tradisional. Tanaman-tanaman di atas dipercaya sebagai obat penghilang cacingan paling ampuh.

Jika Anda ataupun buah hati Anda terindikasi terserang penyakit cacingan, jangan biarkan terlalu lama. Anda bisa mengatasinya sendiri dengan obat penghilang cacingan yang bisa Anda buat sendiri dari tanaman-tanaman obat di sekitar Anda. Atau Anda juga bisa membelinya di apotek terdekat. Jika belum ada perkembangan yang lebih baik, maka sebaiknya Anda periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Yang lebih penting adalah bagaimana menjaga kebersihan anggota keluarga Anda agar terhindar dari cacingan, karena cacingan juga akan membawa dampak yang sangat berbahaya jika tidak segera diatasi.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • obat cacing
  • obat cacingan
  • obat parasit di apotik
  • obat cacing dewasa di apotik
  • obat cacing dewasa paling ampuh
  • nama obat cacing
  • obat cacing dewasa
  • obat cacing untuk dewasa
  • obat cacing kremi di apotik
  • obat cacing pita di apotik
  • harga obat cacingan di apotik
  • obat cacing paling ampuh
  • obat cacing di apotik
  • obat cacing ampuh
  • obat ca
20 Obat Cacingan di Apotik dan Tradisional | Doktersakti | 4.5
error: Content is protected !!