Obat Cetirizine Adalah : Manfaat, Dosis, Efek Samping

Obat Cetirizine

Obat Cetirizine

Mengenal Tentang Obat Cetirizine – Banyak yang belum tahu apa itu obat Cetirizene? obat Citirizene adalah obat antihistamin yang sering dipakai untuk orang yang mengalami alergi, obat Cetirizine sudah tidak asing lagi didengar. Ya, obat yang satu ini memang dikhususkan untuk alergi dan digunakan sebagai obat antialergi terpopuler. Dulunya mungkin orang-orang banyak yang mengenal CTM sebagai obat anti alergi tetapi sekarang popularitasnya sudah diganti oleh Cetirizine. Efek samping dari CTM dinilai berat yakni rasa kantuk dan berdebar-debar.

Oleh karena itu, saat ini penggunaannya tidak dianjurkan dan digantikan dengan generasi berikutnya yaitu Cetirizine. Lalu apa saja manfaat, harga serta efek samping dari obat tersebut? Simak ulasannya di bawah ini. 

Obat Cetirizine yang di Apotik

Untuk menemukan obat yang satu ini cukup mudah. Anda tinggal membelinya di apotik dan alergi akan segera teratasi. Namun, obat Cetirizine jenisnya berbeda-beda dan untuk harganya pun juga beda. Obat Cetirizine yang di apotik pada umumnya berbentuk tablet dan sirup tetapi dosisnya berbeda, jadi bagi Anda yang akan membeli harus jeli dan teliti supaya dosisnya tidak keliru. Berikut ini ada daftar harga obatnya berdasarkan dosis dan bentuknya.

  1. Cetirizine 10mg merk biasa

Obat Cetirizine merupakan salah satu obat yang berbentuk generik dan bisa dikonsumsi oleh semua kalangan, baik itu anak-anak maupun dewasa. Tetapi Anda harus ingat, dosisnya berbeda-beda dan bacalah aturan pemakaiannya terlebih dahulu. Khusus Cetirizine 10mg biasanya berbentuk tablet dan dijual Rp 500 per tabletnya. Harga obat yang sangat murah dan untuk menemukannya juga tidak sulit. Mungkin Cetirizine 10mg ini bisa direkomendasikan.

  1. Cetirizine sirup merk biasa

Cetirizine sirup merupakan obat generik anti alergi yang dikhususkan untuk anak-anak. Apabila anak Anda terkena alergi seperti gatal-gatal, pilih saja obat Cetirizine yang berbentuk sirup tersebut. Untuk masalah harga, obat ini biasanya dijual seharga Rp 12.000an saja. Tetapi Anda harus memperhatikan dosis serta petunjuk penggunaannya dahulu.

  1. Incidal OD

Incidal OD merupakan salah satu merk dari obat Cetrizine dari Bayer. Untuk masalah harga tentu berbeda dengan yang tidak bermerk. Obat Cetirizine yang di apotik tersebut biasanya dijual dengan harga Rp 25.500. Memang harganya jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan yang tidak bermerk, namun kegunaannya pun sama yaitu sebagai anti alergi.

  1. Betarhin

Salah satu merk obat Cetirizine yang terkenal adalah Betarhin. Sama dengan obat anti alergi generik lainnya, Betarhin berbentuk tablet dan juga sirup. Untuk dosis obat berbentuk tablet yaitu 10mg x 20s dijual dengan harga Rp 60.000. Harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan obat Cetrizine biasa yang ada di apotik. Kemudian untuk obat yang berbentuk sirup ukuran 60ml dijual dengan harga Rp 33.000. Betarhin merupakan merk obat untuk anti alergi buatan Mahakam Beta Farma.

  1. Cetinal

Apabila ingin mencari produk Cetirizine dengan merk mahal, Anda bisa memilih Cetinal. Pasalnya obat yang dijual di apotik dengan merk tersebut seharga Rp 130.000 untuk tablet kunyah 10mg x 3 x 10’s. Cetinal sendiri merupakan merk yang dikeluarkan oleh Kalbe Farma. 

Manfaat Obat Cetirizine

Setelah mengetahui merk serta bentuk obatnya, tentu Anda harus tahu apa saja manfaat obat Cetirizine. Sebagian orang memang tahunya obat ini digunakan sebagai anti alergi tetapi Anda harus tahu apa saja kegunaannya serta adakah efek samping yang harus diperhatikan. Di bawah ini ada beberapa manfaat dari obat Cetirizine yang bisa Anda ketahui.

  1. Mengobati gatal-gatal

Salah satu bentuk alergi yang sering ditemukan adalah gatal-gatal. Gejala tersebut banyak faktor yang menyebabkan contohnya alergi makanan seafood dan alergi debu. Tetapi yang lebih banyak dialami adalah alergi makanan laut. Khusus Anda yang sedang mengalami gatal-gatal seperti biduran, mengkonsumsi Cetirizine sangat dianjurkan dan jangan lupa untuk memperhatikan dosis penggunaannya.

  1. Mengatasi bersin-bersin akibat alergi

Seseorang yang sering mengalami alergi debu biasanya akan terkena bersin-bersin. Sensitivitas seseorang itu memang berbeda-beda dan jika hal ini terjadi pada Anda, segera atasi dengan mengkonsumsi obat Cetirizine supaya tidak bertambah parah.

  1. Mengatasi hidung berair

Pernahkah Anda menjumpai seseorang yang mengalami hidung berair? Hal itu bukan saja flu penyebabnya tetapi bisa jadi terkena alergi. Alergi yang biasanya menyebabkan hidung berair adalah alergi debu dan alergi dingin. Oleh karenanya, obat Cetirizine generik bisa membantu meredakannya. Pada umumnya gejala awal adalah bersin-bersin kemudian nantinya menjadi hidung berair atau meler.

  1. Mengatasi mata berair

Manfaat obat Cetirizine selanjutnya adalah untuk mengatasi mata berair. Salah satu akibat dari alergi debu adalah mata berair. Mata berair lama kelamaan akan memerah bila dibiarkan saja. Jika sudah tahu terkena alergi, segera pergi ke apotik untuk mencari Cetirizine yang cocok untuk mengobati mata berair.

  1. Mengatasi hidung mampet

Anda mengalami hidung mampet padahal tidak terkena flu? Itu berarti Anda terkena alergi utamanya adalah alergi debu dan dingin. Namun, kebanyakan orang yang mengalami hidung mampet itu seseorang dengan riwayat alergi dingin. Misalnya pergi ke gunung tiba-tiba hidung menjadi mampet, untuk itu Anda harus sedia Cetirizine di tas. Jika tidak ingin membeli obat yang berharga mahal, Anda bisa memilih merk biasa karena fungsinya sama.

Kelima manfaat di atas merupakan keunggulan dari Cetirizine. Untuk dosis pemakaiannya, khusus anak-anak usia 2 hingga 6 tahun dianjurkan mengkonsumsi obat 2,5 mg per hari yaitu dua kali sehari. Anak-anak usia 6 sampai 12 tahun yaitu 5mg per hari diminum dua kali sehari dan dewasa 10mg per hari satu hari saja. Lalu apakah ada efek samping yang ditimbulkan? Efek samping dari pemakaian Cetirizine adalah mengantuk, merasa lemas, pusing/sakit kepala, sakit tenggorokan, mual, diare dan mulut kering. Namun efek samping tersebut bisa berbeda-beda dialami seseorang, tidak semua efek samping tersebut akan Anda rasakan apabila sedang mengkonsumsi obat tersebut.

Yang sering kali ditanyakan adalah apakah wanita hamil dan ibu menyusui dianjurkan meminum obat anti alergi tersebut? Mungkin jika dosisnya tepat boleh-boleh saja dikonsumsi tetapi harus dengan resep dokter terlebih dahulu. Mengapa? Karena Cetirizine merupakan obat generik dan termasuk obat keras jadi tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsinya. Bagi yang sedang menyusui dan hamil mungkin lebih baik disarankan mengkonsumsi obat Cetirizine herbal saja.

Ada juga apotik yang menjual obat anti alergi herbal dan Anda bisa membelinya supaya aman. Terlepas dari boleh atau tidaknya, obat anti alergi memang bermacam-macam. Namun, yang paling terkenal adalah CTM dan Cetirizine.  Tetapi sayang, penggunaan CTM saat ini banyak dilarang karena menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti jantung berdebar-debar dan kantuk yang berat. Maka dari itu, penggunaannya pun diganti dengan obat Cetirizine. Ada yang berbentuk tablet ada juga yang berbentuk sirup, Anda bisa memilih salah satunya yang dosisnya pas.

Obat Cetirizine Adalah : Manfaat, Dosis, Efek Samping | Doktersakti | 4.5
error: Content is protected !!