10 Obat Insomnia Paling Ampuh

Obat Insomnia

Obat Insomnia

Inilah Beberapa Macam Obat Insomnia – Insomnia merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang bisa dialami oleh wanita maupun pria. Walaupun insomnia bukan merupakan penyakit yang mematikan, tidak sedikit penderitanya yang terganggu menjalankan aktivitas sehari-hari akibat penyakit ini. Bahkan, jika dibiarkan penyakit ini dapat menimbulkan gangguan kesehatan tertentu. Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa jenis obat insomnia yang bisa dijadikan sebagai referensi. 

Nama Obat Insomnia di Apotik

Bagi yang lebih suka mengkonsumsi obat kimia, berikut ada beberapa produk obat insomnia yang dijual di apotek-apotek.

  1. Lelap

Obat insomnia di apotik yang pertama dalam bahasan ini adalah obat Lelap. Bahan-bahan herbal yang diformulasikan pada obat ini memiliki efek sedatif sehingga akan membuat orang yang mengkonsumsinya tertidur. Obat insomnia herbal ini juga merupakan produk obat yang telah melalui serangkaian uji lab sehingga Anda tidak perlu khawatir atau ragu. Satu hal yang harus diingat, orang yang mengkonsumsi obat ini tidak diperkenankan menjalankan mesin atau kendaraan.

Harga obat Lelap:

Di apotek-apotek, obat Lelap tablet @strip/4’S dihargai Rp 10.700/strip.

  1. SEA QUILL Melatonin

Obat insomnia yang satu ini akan bekerja dengan cara merangsang pelepasan melatonin, yaitu hormone yang menjaga sinkronisasi jam tubuh dan mengatur ritme biologis. Saat produksi hormon ini kacau, jam tubuh seseorang menjadi terganggu. Salah satu contoh gangguan tersebut berupa insomnia. Sebaliknya, saat hormon melatonin bekerja optimal, seseorang akan cenderung memiliki waktu tidur yang konsisten. Ia juga akan lebih bugar dibandingkan orang yang jarang tidur saat malam hari atau memiliki jam tidur terbatas.

Harga SEA QUILL Melatonin:

SEA QUILL Melatonin per botol yang berisi 60 tablet dihargai Rp 493.400/botol

  1. Gold Bamboo foot patch

Obat insomnia di apotik berikutnya adalah Bamboo foot patch. Produk yang berwujud koyo ini diaplikasikan ke area kaki. Obat luar yang mengandung tourmaline, bamboo vinegar, chitosan, dan wood vinegar ini merupakan obat insomnia berkhasiat. Selain mengatasi kesulitan tidur, obat ini juga akan membuat Anda merasa lebih segar saat bangun tidur.

Harga Gold Bamboo foot patch:

Untuk 1 pcs Gold Bamboo oot patch harga yang harus dibayar yaitu Rp 14.400/pcs

  1. Nature Health NONI

Nature health noni merupakan obat yang dapat dikonsumsi sebagai obat insomnia. obat yang dibuat dari 500mg ekstrak Morinda Citrifolia ini bisa dikonsumsi 1-2 kapsul setiap harinya atau sesuai anjuran dokter oleh penderita insomnia.

Harga Nature health noni:

Nature Health noni dijual per botol yang di dalam setiap botolnya terdapat 30 tablet. Harga obat ini yaitu Rp 218.000/botol.

  1. Xantonin Ekstrak Kulit Manggis

obat insomnia yang bisa Anda jadikan referensi adalah Xantonin. Obat yang menggunakan ekstrak kulit manggis sebagai komposisi utamanya ini direkomendasikan dikonsumsi 2 kali dalam sehari.

Harga Xantonin ekstrak kulit manggis:

Xantonin ekstrak kulit manggis ini per botolnya dijual dengan harga Rp 88.200/botol 

Macam Ramuan Obat Insomnia Tradisional

Selain obat insomnia dari apotek, ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah insomnia. Beberapa diantaranya yaitu:

  1. Kangkung

Kangkung merupakan sayuran yang secara alami dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit kurang tidur ini. Hal ini karena kandungan zat sedatif yang mampu menenangkan jaringan saraf sehingga saraf menjadi rileks dan mudah tidur. Apabila ingin mengambil manfaat kangkung sebagai obat insomnia, Anda bisa mengolahnya menjadi masakan seperti tumis.

Caranya:

Siangi bagian daun dan batang muda dari seikat kangkung lalu cuci. Siapkan bumbu-bumbu tumis seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya. tumis bumbu dalam wajan berisi minyak goreng. Masukkan kangkung yang telah dicuci. Tumis sayur kangkung siap dinikmati.

  1. Ramuan Pala dan Madu

Pala dan madu merupakan rempah-rempah herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kulit dan daging buah pala mengandung zat-zat seperti zat samak dan minyak atsiri yang tidak hanya mengatasi gangguan tidur namun juga masalah kesehatan lainnya seperti masuk angin. Sementara itu, madu telah sejak zaman dahulu dikenal sebagai bahan alami untuk menyehatkan tubuh serta mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Caranya:

Apabila ingin membuat obat insomnia tradisional dari buah pala dan madu,  pertama Anda harus mempersiapkan 1 buah pala dan 1 sdm madu murni. Buah pala tersebut ditumbuk lalu diseduh dengan segelas air panas. Tuangkan madu ke dalam gelas atau cangkir seduhan, aduk, dan nikmati selagi hangat.

  1. Teh Chamomile

Bagi yang suka menikmati teh, Anda tentu sudah tidak asing dengan teh chamomile. Di beberapa negara, jenis teh ini sering dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk sebagai obat insomnia. Namun, bahan ini tidak boleh dikonsumsi oleh orang dengan kondisi khusus seperti wanita hamil, penderita asma, atau orang yang alergi terhadap serbuk chamole.

Caranya:

Ambil satu sendok teh chamomile dan masukkan dalam teko kecil. Tuangkan air mendidih ke dalamnya. Tuangkan air teh ke dalam cangkir. Apabila digunakan untuk menenangkan saraf sehingga dapat tidur nyenyak, konsumsi teh ini bisa dilakukan malam hari sebelum tidur atau sore hari. satu hal yang perlu diingat adalah tidak berlebihan mengkonsumsi teh ini karena sifat zat di dalamnya yang kuat.

  1. Akar melati

Obat insomnia tradisional lainnya yang juga bisa dicoba adalah akar melati.  Akar dari tanaman yang memiliki nama latin Jasminum officinale ini mengandung berbagai zat seperti keton yang berfungsi sebagai penenang. Selain dapat menjadi obat insomnia yang mujarab, akar dari tanaman yang memiliki bunga harum ini dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan asma, bronchitis, radang paru-paru, dan sebagainya.

Caranya:

Untuk mengambil manfaat dari akar melati sebagai ramuan penyembuh insomnia, pertama siapkan ½ jengkal akar melati yang telah dicuci hingga bersih. Akar tersebut kemudian ditumbuk. Hasil tumbukannya bisa diseduh dengan air hangat. Sebelum diminum, Anda bisa mengaduk dan menyaringnya terlebih dahulu.

  1. Daun Pegagan

Ada satu lagi bahan yang bisa dijadikan sebagai ramuan obat insomnia. Bahan tersebut adalah daun pegagan. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan daun ini?

Caranya:

Siapkan 2 lembar daun pegagan, ½ sdm ketumbar, 3 potong kangkung segar, dan 1 sdt biji jintan putih. Semua bahan tersebut dimasukkan dalam panci yang telah diisi 2 gelas air. Selanjutnya, rebus air menggunakan api kecil hingga menyisakan sekitar 1 gelas air. Saring dan minum pada malam hari saat akan tidur.

Bagaimana dengan insomnia yang dialami anak-anak? Anda bisa memberikan mereka segelas susu hangat. Kandungan susu yang hangat akan membuat anak lebih rileks dan tidak rebut saat akan tidur.

Karena beberapa jenis obat memiliki kontra indikasi untuk orang dengan kondisi khusus, sebaiknya Anda juga berhati-hati saat memilih obat. Itulah beberapa referensi obat insomnia yang bisa Anda ketahui. Manakah yang menurut Anda sebaiknya dicoba.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • obat insomnia di apotik
  • obat insomnia yang dijual di apotik
  • obat insomnia paling ampuh
  • apakah di apotik ada obat sleep aid
  • obat insomnia
  • obat khusus insomnia
  • Nama obat insom diapotik
  • obat insomnia yg dijual d apotek
  • Daftar obat insomnia
  • harga obat insomnia di apotek lombok
  • www tablet insomnia kimia
  • harga obat insomnia
  • obat ampuh in
  • obat apotik yang mengandung melatonin
  • obat di apotek mengandung cangkudu
10 Obat Insomnia Paling Ampuh | Doktersakti | 4.5
error: Content is protected !!