Daftar Obat Jamur Kulit di Apotik dan Tradisional

Obat Jamur Kulit

Obat Jamur Kulit

Obat Jamur Kulit di Apotik dan Tradisional Paling Manjur – Pernahkah Anda mengalami masalah kulit yang disebabkan oleh jamur? Jamur di kulit merupakan masalah kesehatan yang banyak orang hadapi. Saat menyerang jaringan kulit, jamur bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman, gatal, dan sering sebal sendiri. Jika suatu ketika menghadapi masalah seperti ini, Anda tidak perlu terburu-buru pergi ke dokter karena melalui ulasan berikut ada beberapa obat jamur kulit yang bisa dijadikan referensi pengobatan. 

Nama Obat Jamur Kulit di Apotik

Apabila ingin menggunakan produk obat, ada beberapa merk produk obat jamur kulit modern yang bisa dijadikan referensi. Produk tersebut diantaranya adalah:

  1. Salep kulit 88

Obat jamur kulit yang pertama yaitu salep kulit 88. Salep ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti kadas, kudis, panu, dan kutu air. Cara pengaplikasianya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan salep secukupnya ke area yang luka atau gatal akibat jamur. Pengaplikasian bisa dilakukan 3 kali dalam sehari agar gangguan kulit cepat hilang. Satu hal mengenai salep ini adalah penderita yang hipersensitif direkomendasikan mengikuti petunjuk dokter.

Harga salep kulit 88:

Salep kulit 88 dihargai Rp 10.100/tube

  1. Fungiderm

Fungiderm adalah salah satu produk obat anti jamur buatan Konimex yang bisa dipakai. Obat yang mengandung Clotrimazole 1% ini dapat dipakai selama 2-3 kali dalam sehari secara berturut-turut 10-14 hari ke depan. Karena obat jamur kulit di apotek ini tergolong sebagai obat keras, pengguna hanya disarankan menggunakannya untuk bagian luar tubuh saja.

Harga Fungiderm:

Fungiderm CR 5g dihargai Rp 14.800/tube.

  1. Daktarin

Dari sekian banyak obat jamur kulit kimia, daktarin adalah salah satu produk yang banyak dikenal masyarakat. Penggunaan obat jamur kulit yang satu ini cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan cream secukupnya ke area yang terkena infeksi jamur kulit 2 kali sehari selama 2-6 minggu.

Harga Daktarin:

Daktarin dihargai Rp 26.200 /tube

  1. Griseofulvin

Obat jamur kulit di apotek lainnya yang juga bisa dikonsumsi oleh penderita infeksi jamur kulit adalah Griseofulvin. Obat yang berupa tablet ini bisa dikonsumsi oleh dewasa dengan dosis tunggal 500ng per hari sedangkan untuk anak-anak 10 mg/kgBB. Konsumsinya bisa dilakukan sesudah makan dengan ditemani susu.

Harga Griseofulvin:

Griseofulvin tablet 125 mg dihargai Rp 700/tablet. Jadi, karena dalam 1 stripnya terdapat 10 tablet, harga 1 strip Griseofulvin adalah Rp 7000.

  1. Nizoral CR

Merk obat jamur kulit yang terakhir adalah Nizoral CR. Krim Nizoral cukup diaplikasikan ke area yang terkena infeksi cukup sehari sekali. Saat menggunakan cream ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, hindarkan cream dari kontak langsung dengan mata. Kedua, hati-hati saat diaplikasikan pada ibu hamil. Terakhir, hati-hati apabila digunakan oleh ibu yang sedang menyusui.

Harga Nizoral CR:

Nizoral CR 2% 15g dihargai Rp 111.700/tube sedangkan Nizoral CR 2% 5g dihargai Rp 46.800/tube. 

Baca Juga : 

Obat Jamur Kulit Tradisional Secara Alami

Ada beberapa bahan yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk masalah jamur di kulit. Bahan-bahan yang dimaksud yaitu:

  1. Bawang putih

Hampir setiap dapur rumahan memiliki simpanan bawang putih. Salah satu bumbu wajib ini bisa Anda manfaatkan untuk mengobati jamur di kulit. Selain menghancurkan jamur, bahan ini juga dapat mencegah penyebaran infeksi di kulit. Kimia dalam bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antifungi. Karena itulah bawang putih bisa dijadikan sebagai obat jamur kulit alami.

Caranya:

Sebagai obat jamur kulit, Anda hanya perlu mengambil 4-5 siung bawang putih. Jumlah bawang putih bisa disesuaikan dengan besar kecilnya area yang terinfeksi jamur. Setelah dikupas, belah bawang tersebut menjadi 2 dan gosokkan ke area kulit yang terkena jamur. Biarkan selama 1 jam lalu bilas. Agar kulit tidak terbakar akibat sifat panas dari bawang putih, Anda bisa membiarkannya 3-4 hari setelah bawang putih rutin diaplikasikan selama 2-3 hari.

  1. Kunyit

Siapa yang masih meragukan manfaat dari kunyit? Rempah herbal berwarna kuning oranye ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat jamur kulit tradisional. Selain dapat mengusir jamur di kulit, rempah herbal ini juga dapat membuat kulit menjadi terlihat lebih halus dan lembut.

Caranya:

Sebaiknya, jika ada siapkan rimpang kunyit yang masih segar. Setelah dicuci bersih, potong, parut, atau giling lalu aplikasikan ke area kulit yang terkena jamur. Lalu, biarkan semalam. Keesokan harinya, barulah aplikasian tersebut dibuang.

  1. Minyak lavender

Terkadang jamur di kulit menimbulkan bau. Hal ini akan sangat memalukan jika Anda tengah bepergian. Oleh sebab itu, obat jamur kulit yang satu ini bisa dijadikan sebagai solusinya. Minyak lavender tidak hanya dapat mengusir jamur di kulit, namun juga dapat menyamarkan aroma tidak sedap di area kulit yang terinfeksi jamur. Apabila rutin dilakukan setidaknya sehari sekali, jamur di kulit akan hilang sedikit demi sedikit.

Caranya:

Untuk mengatasi jamur dengan minyak lavender, Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak lavender ke area yang terinfeksi lalu membiarkannya selama 20 menit. Kebiasaan ini bisa diulangi 2 kali dalam sehari. Jika menggunakan cara ini, pastikan bahwa Anda telah memilih jenis minyak lavender yang bukan minyak wangi, melainkan minyak asli yang mengandung kimia untuk pengobatan.

  1. Teh

Teh hijau dan teh hitam merupakan obat jamur kulit tradisional yang bisa dicoba. Kandungan dalam jenis teh tersebut memiliki sifat antifungi. Tidak hanya itu, teh tersebut juga dapat mengatasi efek dari infeksi seperti bengkak dan rasa terbakar.

Caranya:

Rendam ampas teh dalam air hangat selama 10 menit. Selanjutnya, diamkan ampas teh tersebut mendingin di lemari pendingin. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menempelkan ampas tersebut ke area kulit yang terkena jamur. Kebiasaan ini bisa dilakukan selama 3 kali dalam sehari hingga jaringan kulit yang terkena jamur dirasa sembuh.

  1. Yogurt

Yogurt merupakan produk memberikan banyak manfaat bagi kesehatan maupun perawatan. Sebagai obat jamur kulit, yogurt original akan membasmi bakteri dan jamur yang menyebabkan perasaan tidak nyaman pada kulit.

Caranya:

Untuk mengambil manfaat dari yogurt, Anda hanya perlu mengaplikasikan yogurt rasa original secukupnya ke area kulit yang terkena infeksi jamur. Diamkan selama beberapa jam lalu lap dengan tisu atau kain bersih. Anda juga bisa menyiramnya dengan air lalu mengelapnya. Kebiasaan ini bisa dilakukan setiap hari hingga kulit sembuh dari jamur. Selain dijadikan obat jamur kulit dari luar, Anda juga bisa mengkonsumsi dua cangkir yogurt setiap hari untuk mengobati dari dalam.

Demikian beberapa pilihan obat jamur kulit yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jamur di kulit. Masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan seperti obat tradisional yang murah dan minim efek samping namun dapat mengobati dalam waktu lama. Jadi, bagaimana menurut Anda?

Artikel yang selalu berkaitan:

  • clotrimazole obat tablet
  • harga daktarin tube
Daftar Obat Jamur Kulit di Apotik dan Tradisional | Doktersakti | 4.5
error: Content is protected !!