12 Obat Kolesterol di Apotik dan Alami Tradisional

Obat Kolesterol

Obat Kolesterol

Obat Kolesterol di Apotik dan Tradisional – Kolesterol adalah suatu metabolik yang mengandung lemak sterol yang terdapat pada membran sel dan juga yang terkandung di dalam plasma darah. Dalam istilah medis, kolesterol tinggi dikenal dengan nama Hiperkolesterolemia, kolesterol tinggi di dalam darah dapat menjadi pemicu berbagai jenis penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol sendiri terdiri dari dua tipe yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolsterol jahat (LDL), sehingga tidak semua kolesterol merugikan tubuh dan berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu, sangatlah penting untuk mengetahui jenis-jenis kolesterol dan juga nilai normal dari kolesterol itu sendiri.

Di dalam melakukan pengobatan bagi penderita kolesterol tinggi, langkah pertama yang harus segera dilakukan yaitu dengan menerapkan pola hidup dan makan yang lebih sehat yaitu dengan menghindari jenis makanan yang mengandung kolesterol dan juga lemak jenuh. Setelah itu, lakukan latihan jasmani dengan menjalani olahraga secara rutin dan teratur seperti lari pagi, jalan santai, bersepeda dan melakukan diet untuk mendapatkan berat badan ideal bagi yang memiliki berat badan berlebih.

Minum obat penurun kolesterol tinggi juga merupakan langkah yang sangat penting dalam upaya menurunkan kadar kolesterol tinggi. Menurut dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi obat kolesterol tinggi secara teratur dapat menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap stabil dibandingkan dengan yang tidak meminum obat.

Ada dua jenis obat penurun kolesterol yang dapat anda temukan di apotik yaitu obat kolesterol generik dan juga obat paten.

Obat Kolesterol Generik

Berikut ini merupakan beberapa nama obat kolesterol generik yang bisa anda gunakan untuk mengobati kolesterol tinggi, yaitu :

  • Golongan Satin : Jenis obat ini dapat menghambat enzim HMG CoA reductase. Sistem kerja dari obat ini akan menghambat sitesis kolesterol di dalam organ hati, obat ini sangat efektif untuk membantu menurunkan kadar kolsterol LDL. Obat kolesterol golongan satin ini terdiri dari beberapa merk yaitu seperti Lovastatin dosis 10 – 80 mg, Pravastatin dosis 10 – 40 mg, Fluvastatin dosis 20 – 80 mg, Atorvastatin dosis 10 – 80 mg dan Simvastatin dosis 5 – 40 mg.
  • Golongan Asam Fibrat : obat kolesterol pada golongan ini akan bekerja dengan meningkatkan aktivitas dari lipoprotein lipase dan menghambat proses produksi VLDL pada organ hati dan juga meningkatkan aktivitas dari reseptor LDL. Beberapa jenis obat yang termasuk pada golongan asam fibrat ini yaitu seperti fenofibrat dosis 160 mg dan Gemfibrozil dosis 300 mg.
  • Golongan Resin Pengikat Asam Empedu : Obat kolsterol ini dapat bekerja dengan cara mengikat asam empedu di dalam usus dan juga meningkatkan pengolahan kolesterol di dalam organ hati untuk menjadi asam empedu, sehingga membuat kandungan kolesterol dalam hati, jumlah kolesterol dan juga kolesterol LDL akan ikut menurun. Sedangkan jumlah kadar kolesterol HDL akan tetap stabil. Jenis obat yang termasuk ke dalam golongan ini yaitu colestipol dosis 10 – 20 gram, colesevelam dosis 6,5 gram dan Kolestiramin dosis 8 – 16 gram.
  • Golongan Asam Nikotinat : Obat kolesterol ini dapat bekerja dengan cara menurunkan produksi dari VLDL dalam hati, sehingga dapat menyebabkan tejadinya penurunan jumlah kadar kolsterol LDL dan trigliserida dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.
  • Golongan Penghambat Absropsi Kolesterol : Obat ini dapat bekerja dengan cara menghambat proses penyerapan kolesterol dari dalam usus, akan tetapi obat ini tidak akan mempengaruhi pada proses penyerapan trigliserida, asam empedu, asam lemak maupun kandungan vitamin larut lemak. Jenis obat kolesterol yang termasuk ke dalam golongan ini yaitu Ezetimibe 10 mg.

Obat Kolesterol Paten

Berikut ini merupakan beberapa nama obat kolesterol paten paten yang bisa anda gunakan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi, yaitu :

  • Golongan Satin : Obat paten yang termasuk ke dalam golongan satin yaitu seperti LIPINORM (simvastatin) 10 mg, KOLESKOL (pravastatin) 10 mg,  COLESTAT (simvsastatin) 10 mg, LIPITOR (atorvastatin) 10 mg/20 mg/40 mg, LOTYN (lovastatin) 10 mg, STATOR (atorvastatin) 10 mg/20 mg, LITORCOM (atorvastatin) 10 mg/20 mg.
  • Golongan Asam Fibrat : Obat paten yang termasuk ke dalam golongan ini yaitu YOSENOB (fenofibrat) 300 mg, LIFIBRON (gemfibrozil) 300 mg/600 mg, ZUMAFIB (fenofibrat) 300 mg, EVOTHYL (fenofibrat) 300 mg dan FIBRAMED (fenofibrat) 300 mg.

Perbedaa dari obat paten dengan obat generik yaitu memiliki perbedaan harga yang cukup jauh, sehingga masyarakat yang memiliki pendapatan lebih besar biasanya sering memilih obat paten karena khasiatnya langsung terasa dibandingkan dengan obat generik yang efek nya bertahap. Akan tetapi hasil akhir dari pengobatan yang didapat lebih baik dengan obat generik, sehingga sangat diasarankan untuk memilih obat kolesterol yang generik.

Obat Kolesterol Alami

Jika anda mencari sistem pengobatan yang aman dan mampu menyembuhkan kolesterol dengan lebih maksimal, maka sangat disarankan untuk melakukan pengobatan dengan menggunakan obat kolesterol alami atau tradisional. Berikut ini beberapa bahan alami yang ampuh untuk mengobati kolesterol tinggi, diantaranya yaitu :

  1. Alpukat

Di dalam buah alpukat terdapat kandungan asam pantotenat, asam folat, niasin, vitamin C, E, B1, B6, zat besi, magnesium, kalium, fosfor dan juga glutation. Selain itu, daging buah alukat kaya akan kandungan serat dan juga asam lemak tak jenuh yang sangat efektif untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dan juga kadar trigliserida. Caranya cukup dengan rutin mengkosnumsi buah alpukat mentah setiap hari.

  1. Sambiloto

Cara membuat ramuannya yaitu, siapkan 20 gram sambiloto kering lalu rebus dengan 2 gelas air. Rebusa hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja, angkat dan saring airnya. Minum air rebusan sambiloto secara rutin setiap hari.

  1. Bawang Merah

Di dalam bawang merah mengandung senyawa yang bernama flavanoid yang berperan sebagai antioksidan tinggi, senyawa ini mampu menurunkan kadar kolesterol dengan cukup cepat dan aman. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi 1-2 siung bawang merah secara langsung.

  1. Bawang Putih

Bawang putih juga tidak kalah ampuh dengan bawang merah, pada bawang putih terdapat bahan aktif s-allyl cysteine yang merupakan komponen yang memiliki khasiat antitrombotik dan hipolipidemik. Pada hasil penelitian, bawang putih ini sangat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol sekitar 10% dalam waktu 4 bulan dengan rutin mengkonsumsi bawang putih. Caranya yaitu, konsumsi bawang putih 1-2 siung setiap harinya.

  1. Kunyit

Tanaman rimpang yang satu ini memiliki khasiat sebagai anti inflamasi, anti bakteri dan juga dapat memperlancar sistem pengeluaran dari empedu menuju ke usus. Selain itu, kunyit juga efektif untuk menurunkan kadar kolestero jahat LDL dalam darah dengan waktu yang cukup cepat.

Caranya yaitu, rebusa irisan kunyit sebanyak 1-2 ruas jari, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja. Saring airnya dan minum selagi hangat, lakukan pengobatan ini secara rutin minimal 2 kali sehari.

Catatan :

Selama menjalani pengobatan dengan menggunakan obat kolesterol alami, pastikan adna selalu rutin melakuka pemeriksaan atau cek kadar kolsterol dalam darah anda secara berkala untuk mengetahui perkembangannya.

Demikian ulasan dari kami mengenai obat kolesterol tinggi, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sampai Jumpa dan semoga lekas sembuh.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • obat kolesterol di apotik
  • obat kolesterol paten
  • obat kolesterol generik
  • nama obat kolesterol
  • harga obat penurun kolesterol
  • nama obat kolesterol di apotik
  • nama obat kolestrol d apotik
  • obat penurun kolesterol generik
  • harga obat kolesterol di apotik
  • obat kolesterol tinggi di apotik
  • obat kolestrol apotik
  • obat kolesterol
  • Obat herbal kolesterol di apotik
  • harga obat kolesterol generik dan paten
  • www satin 5-40mg obat
12 Obat Kolesterol di Apotik dan Alami Tradisional | Suster Cantik | 4.5
error: Content is protected !!