Obat Mata Bintitan dan Cara Menyembuhkan dengan Cepat

Obat Mata Bintitan

Obat Mata Bintitan

Obat Mata Bintitan dan Cara Menyembuhkan dengan Cepat – Saat ini sudah banyak sekali jenis obat alami untuk mengobati mata bintitan yang bisa didapatkan di sekitar kita, tidak sulit untuk mendapatkannya, karena ada banyak sekali obat mata bintitan alami  yang bisa digunakan dan dibuat sendiri di rumah.

Namun ada hal unik dari sakit matan ini, mata bintitan kerap di anggap sebagai salah satu penyebab dari kebiasaan mengintip di kalangan masyarakat umum. Seseorang yang memiliki kebiasaan mengintip dipercayai akan mengalami mata bintitan. Tapi pada kenyataannya, kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang biasanya tumbuh di dalam akar rambut atau bulu mata.

Mata bintitan merupakan keluhan dimana terdapat benjolan yang mirip dengan jerawat pada bagian kelopak mata, benjolan ini sering menimbulkan rasa sakit, memerah dan terjadi pembengkakan pada kelopak mata. Selain itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan mata menjadi berair. Pembengkakan pada mata ini biasanya akan berlangsung paling tidak 3 hari, kemudian pembengkakan berangsur-angsur akan mengempis dan sembuh dalam waktu seminggu.

Sekilas dengan memecet bintitan akan menyembuhkan dan menyelesaikan masalag, akan tetapi justru dengan memencetnya akan menuimbulkan masalah baru yang lebih parah. Hal ini dikarenakan, cairan yang keluar akan menyebabkan terjadinya iritasi dan infeksi pada lokasi sekitar bintitan tersebut. Jangan pernah berani untuk memencet bintita, karena penanganan ini harus dilakukan oleh dokter atau ahli medis yang sudah sangat terlatih dalam menangani penyakit ini.

Obat mata bintitan yang ada di apotik tersedia dalam beberapa jenis mulai dari obat tets, obat salep dan juga obat tablet yang untuk di minum. Untuk mengobati bintitan sendiri sebaiknya dilakukan dengan cara mengibatinya dengan menggunakan obat-obatan yang bisa anda dapatkan di apotik.

Nama Obat Mata Bintitan Di Apotik

Berikut ini merupakan beberapa jenis dan merk obat mata bintitan yang bisa anda dapatkan di apotik, diantaranya seperti :

  1. Cendo Tobroson
Cendo Tobroson

Cendo Tobroson

Cendo Tobroson adalah salah satu jenis obat apotik yang berbentuk obat tetes. Selain itu, ada juga jenis obat lain sejenis yang bebentuk salep yaitu Cendo Xitrol. Biasanya dokter akan meresepkan kedua jenis obat ini untuk dikombinasikan agar mata bintitan ini cepat kempes dan sembuh. Pemakain dari obat tetes dapat digunakan 4 kali sehari.

  1. Polydex Tetes
Polydex Tetes

Polydex Tetes

Obat mata lainnya yang ampuh untuk mengobati mata bintitan yaitu Polydex Tetes, obat ini sangat mudah di dapatkan di apotik-apotik dengan harga sekitar 40 ribu rupiah. Namun obat tetes mata ini hanya boleh digunakan dalam jangka pendek, karena jika digunakan dalam jangka panjang dapat mempengaruhi pada penglihatan mata. Sedangkan untuk dosisnya sendiri, sebaiknya jangan memakai obat ini lebih dari 4 tetes setiap harinya, ini bertujuan untuk mencegah efek samping yang ditimbulkan dari obat ini.

  1. Amoxicillin
Amoxicillin

Amoxicillin

Anda sendiri mungkin sangat sangat mengenal jenis obat ini, Amoxicillin memang sering digunakan untuk mengobati rasa sakit seperti sakit gigi ataupun sakit kepala, obat ini merupakan jenis obat yang termasuk golongan obat antibiotic yang bisa didapat dengan mudah di apotik. Amoxicillin juga sangat efektif untuk mengobati mata bintitan, namun obat ini digunakan dengan cara di minum dengan dosis yang terbatas. Dosis dari Amoxicillin sendiri hanya boleh diminum maksimal 3 kali sehari 1 tablet, penggunaan berlebih pada obat ini dapat berdampak buruk bagi kestabilan tubuh karena obat ini dapat menghambat proses perkembangan tubuh.

  1. Ciprofloxacin
Ciprofloxacin

Ciprofloxacin

Ciprofloxacin merupakan jenis obat yang hampir sama dengan Amoxicilin yang berfungsi sebagai antibiotic. Ciprofloxacin sendiri dapat digunakan untuk mengobati mata bintitan dengan cara mencegah perkembangan dan juga membunuh bakteri patogen yang menjadi penyebab utama infeksi, obat Ciprofloxacin juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi pada saluran pencernaan hingga ke saluran pernafasan. Untuk mengobati mata bintitan, sebaiknya gunakan obat Ciprofloxacin dengan dosis 250 gram dengan penggunaan selama 3 hari dalam 3 kali sehari.

  1. Oculentum Whale Brand
Oculentum Whale Brand

Oculentum Whale Brand

Jika anda mencari obat mata bintitan yang berbentuk salep, maka anda bisa membeli obat Occulentum Whale Brand. Obat ini sangat ampuh untuk menyembuhkan infeksi yang disebabkan oleh bakteroi patogen, obat ini biasanya banyak dijual di toko obat cina dengan harga sekitrar 10-20 ribuan. Penggunaan dari obat Occulentum Whale Brand ini cukup dengan mengoleskannya pada bagian bintitan, reaksi dari obat ini sangat cepat sekali sehingga dapat dengan ampuh mengobati mata bintitan. Biasanya masa penyembuhan dengan menggunakan obat ini yaitu sekitar 2-7 hari tergantung dari seberapa tingkat keparahannya.

Cara Mempercepat Proses Penyembuhan Mata Bintitan

Untuk mempercepat proses penyembuhan, sebaiknya anda melakukan beberapa upaya dengan mengkompres mata bintitan dengan air hangat atau menggunakan kantung teh celup. Dengan mengkompres mata bintitan dengan menggunakan air hangat dan memijatnya dengan lembut adalah cara yang sangat efektif untuk mempercepat proses penyembuhan disamping penggunaan obat apotik, anda bisa melakukan pengompresan selama 10 menit sekitar 3 hari sekali.

Untuk melakukan pengompresan, pastikan anda menggunakan handuk yang lembut dan bersih dan rendam di dalam air hangat. Setelah itu, peras airnya hingga tidak menetes lagi, lalu tempelkan pada bagian mata bintitan selama beberapa menit. Suhu hangat dari handuk tersebut akan membantu untuk mengencerkan nanah yang ada di dalamnya dan sekaligus mengempeskan benjolan pada mata bintitan dengan cepat.

Selain itu, anda juga bisa mengobati mata bintitan dengan mengompresnya menggunakan kantung teh celup untuk mengurangi efek pembengkakan dan mempercepat proses penyembuhan. Untuk hasil terbaik gunakan kantung teh hijau, karena teh hijau mengandung senyawa antioksidan dan antibakteri yang sangat ampuh melawan bakteri penyebab mata bintitan.

Cara menggunakan kantung teh celup untuk mengobati mata bintitan yaitu dengan cara mencelupkannya terlebih dahulu dengan air panas, lalu tunggu sampai hangatnya cukup dan tempelkan pada bagian bintitan selama 5-10 menit. Jika kedua mata anda mengalami bintitan, pastikan anda tidak menggunakan kantung teh celup yang sama sebaiknya gunakan yang baru.

Selain itu, cara lain untuk membantu menyembuhkan mata bintitan yaitu dengan rutin membersihkan daerah sekitar mata yang terkena infeksi. Caranya yaitu dengan menggunakan air hangat bersih dan sabun atau shampo yang lembut seperti untuk bayi. Lakukan dengan posisi mata tertutup agar tidak terjadi iritasi pada mata. Selain itu, jangan dulu menggunakan produk kosmetik seperti make up dan lotion di sekitar mata dan juga penggunaan lensa kontak yang dapat menyebabkan infeksi semakin parah.

Mata bintitan memang bukanlah penyakit yang sangat serius dan bahkan bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi jika penanganan yang dilakukan tidak tepat seperti memencet bintitan, maka dapat membuat kondisi semakin parah. Jika setelah melakukan pengobatan di rumah dengan penggunaan obat apotik dan obat alami yang telah kami sampaikan diatas tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Sekian ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai obat mata bintitan, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan memberikan solusi untuk anda.

Semoga lekas sembuh dan sampai jumpa.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • salep obat mata bintitan
  • bintitan dan salep mata rekomendasi
  • jenis obat cream bintitan
  • merk tetes mata bintitan
  • obat mata bintitan cendo
  • pemakaian polydex untuk mata bintitan
  • rekomendasi salep bintitan anak
  • tetes mata bintitan
Obat Mata Bintitan dan Cara Menyembuhkan dengan Cepat | Suster Cantik | 4.5
error: Content is protected !!