10 Obat Penghilang Rasa Sakit Paling Aman

Daftar Obat Nyeri Penghilang Rasa Sakit di Apotik dan Tradisional – Untuk menghilangkan rasa sakit, analgesik, antipiretik atau istilah untuk obat yang dirancang sebagai obat penghilang rasa sakit banyak digunakan. Baik rasa sakit akibat nyeri, perih, atau ngilu. Berbagai macam penyakit sendiri dapat menyebabkan lebih dari satu macam rasa sakit. Rasa sakit yang dirasakan akibat penyakit atau kelainan lainnya bisa menjadi sangat tidak tertahankan, dan membuat rasa tidak nyaman yang amat sangat. Bahkan akibat dari kesakitan tersebut, penderita bisa saja tidak mau makan atau meminum obat yang diresepkan. Penyebabnya tentu saja karena merasa mual.

Obat Nyeri Penghilang Rasa Sakit

Obat Nyeri Penghilang Rasa Sakit

Karena adanya kerugian-kerugian yang seperti inilah, dibuat obat khusus untuk menghilangkan, atau paling tidak mengurangi rasa sakit. Obat tersebut bekerja dengan cara yang berbeda-beda, tergantung dari penyebab rasa sakit yang diderita. Ada dua jenis obat yang bisa Anda andalkan untuk situasi darurat rasa sakit. Obat penghilang rasa sakit di Apotik atau obat penghilang rasa sakit yang tradisional.

Obat Penghilang Rasa Sakit Di Apotik

Obat penghilang rasa sakit yang didapat di apotik memiliki keunggulan tersendiri. Harganya cukup murah, dan mudah didapat. Untuk urusan menghilangkan rasa sakitpun juga bisa diandalkan. Namun, beberapa obat memiliki efek samping tertentu. Orang yang memiliki sensitivitas terhadap salah satu atau banyak dari kandungan yang terkandung dalam obat ini, maka akan mengalami alergi. Serta efek samping yang didapat bisa jadi lebih kuat dibanding mereka yang tidak memiliki sensitivitas tinggi. Berikut adalah kelima jenis obat penghilang rasa sakit yang mudah didapat di apotik.

  • Asam Mefenamat

Asam mefenamat merupakan jenis obat penghilang rasa sakit yang sering anda temui di apotik. Karena dirancang agar mudah didapat, harganya pun bersahabat. Obat ini termasuk dalam obat anti inflamasi yang non-steroid. Sterois sendiri adalah hormone untuk memperkuat tubuh secara instan, kadang dimaksudkan agar tubuh lebih kuat menahan rasa sakit. Namun, akan lebih aman jika analgesik tidak mengandung steroid. Asam mefenamat dapat meredakan hingga menghilangkan rasa sakit level ringan hingga menengah. Jika mengalami peradangan, asam mefenamat juga bekerja sebagai anti-inflamasi.

  • Ibuprofen

Ibuprofen memiliki sifat hampir sama dengan asam mefenamat. Obat analgesik ini juga bersifat anti-inflamasi non-steroid, jadi cukup aman digunakan dengan catatan. Banyak obat penghilang rasa sakit kuat yang terlalu berat efek sampingnya bagi tubuh. Karena itu, ibuprofen dan asam mefenamat disarankan sebagai pereda rasa sakit dan nyeri tingkat ringan sampai tingkat menengah.

  • Aspirin

Aspirin sangat populer di luar negeri sebagai obat penghilang rasa sakit khusus untuk sakit kepala. Terutama untuk meredakan rasa sakit di kepala akibat mabuk. Karena budaya minum alcohol cukup mendarah daging terutama di USA, maka aspirin selalu ada dalam lemari obat untuk menghilangkan efek samping mabuk tersebut. Efeknya cukup kuat dan seketika, namun harus diperhatikan bagi yang sensitif terhadap aspirin ataupun memiliki kelainan seperti Sindrom tertentu.

  • Paracetamol

Siapa yang tidak mengenal paracetamol. Di Indonesia dan negara Asia lainnya, obat penghilang rasa sakit ini lebih terkenal dan lebih banyak dijual bebas. Bahkan selain merek dagang Paracetamol sendiri terdapat banyak merek yang menggunakan paracetamol sebagai bahan aktifnya.

  • Fentanyl

Obat yang satu ini cukup kuat dibandingkan obat penghilang rasa sakit lainnya. cara kerjanya yang langsung meredakan syaraf rasa sakit di sistem syaraf pusat membuatnya harus digunakan sesuai petunjuk aturan. Penggunaan Fentanyl dapat menyebabkan ketergantungan jika tidak diminum sesuai aturan, jadi harus berhati-hati untuk tidak tergoda meminum obat ini hanya karena sedikit merasa sakit. 

Obat Penghilang Rasa Sakit Tradisional

Selain obat penghilang rasa sakit di apotik, Anda juga bisa menemukan obat tradisional untuk menghilangkan rasa sakit di sekitar Anda. bagi yang memiliki kebun obat atau toga, bisa memanfaatkan beberapa tanaman yang mudah didapat. Jika di dapurnya memiliki bumbu lengkap, ada beberapa bumbu yang bisa diandalkan dalam situasi darurat. Berikut adalah 5 obat tradisional untuk menghilangkan rasa sakit.

  • Kunyit

Zat curcumin pada kunyit akan mengurangi rasa sakit yang Anda derita. Karena sangat mudah dibiakkan dan mudah didapat, maka kunyit dimasukkan dalam tempat pertama obat penghilang rasa sakit tradisional. Cara untuk mendapatkan efek penghilang rasa sakit dari bahan kunyit sangatlah mudah. Pertama, Anda harus menghaluskan kunyit. Setelah halus ada beberapa pilihan, mencampurnya dengan air lalu meminumnya secara langsung, atau mencampurkannya banyak-banyak ke bumbu masakan. Selain itu, bisa juga mencampurnya dengan teh atau minuman lain yang dirasa cocok. Panas tidak akan menghilangkan semua khasiatnya, jadi aman untuk dicampurkan ke masakan Anda.

  • Cengkeh

Ceengkeh memiliki aroma yang membuat Anda rileks dan meluapakan kepenatan. Selain itu, ternyata cengkeh juga memiliki khasiat sebagai obat penghilang rasa sakit tradisional. Zat eugenol yang terkandung dalam cengkeh memiliki fungsi anti inflamasi dan anti bakteri. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda cukup mengunyah cengkeh secara langsung. Untuk peradangan di bagian tubuh luar, maka haluskan cengkeh, lalu balurkan pada bagian yang terkena peradangan.

  • Bawang Putih

Bawang putih memiliki sejuta khasiat yang tidak akan hilang meski dimasak dalam suhu sepanas apapun. Keajaiban bawang putih ini juga berlaku untuk meredakan rasa sakit yang diakibatkan demam, nyeri, ataupun ngilu. Caranya sendiri sangat mudah, yaitu dengan menghaluskan bawang putih dan menempelkannya pada bagian yang terasa sakit. Ambillah secukupnya,hingga semua bagian terkena bawang putih halus. Bisa juga Anda memasak menggunakan bawang putih banyak-banyak. Aromanya akan sangat enak dan menggugah selera makan sekaligus memiliki manfaat menghilangkan rasa sakit dari dalam.

  • Kemangi

Siapa yang mengira kalau daun-daunan yang biasa dijadikan lalapan ini juga berkhasiat sebagai obat penghilang rasa sakit yang efektif? Haluskan beberapa lembar daun kemangi, lalu usapkan pada bagian yang terasa sakit. Efeknya akan lebih terasa bila ditekan sedikit atau dipijit ringan.

  • Asam Jawa dan Kapur Sirih

Menghaluskan dan mencampur asam jawa, lalu tambahkan sedikit minyak kayu putih, adalah resep tradisional turun temurun untuk meringankan rasa sakit, asam jawa dan kapur sirih yang biasanya hanya dijadikan bumbu atau dijadikan obat untuk penyakit lain, bisa dijadikan obat penghilang rasa sakit efektif yang bebas efek samping.

Masing-masing obat tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Obat tradisional misalnya, mudah didapat dan tidak menguras kantong sebanyak obat apotik. Namun, khasiatnya tidak langsung menghilangkan rasa sakit, hanya meredakan atau menghilangkannya jika dikonsumsi sehari-hari. Berbeda dengan obat apotik yang lebih ampuh menghilangkan rasa sakit, namun jelas memiliki efek samping. Untuk penggunaan mana yang lebih baik untuk Anda, kenalilah tubuh Anda terlebih dahulu. Apakah ketika sakit, Anda lebih cepat sembuh menggunakan obat tradisional atau obat modern? Jika tubuh sudah terbiasa dengan obat tradisional, obat penghilang rasa sakit modern tidak akan kesulitan menyembuhkannya. Hanya saja efek samping akan lebih terasa. Yang jelas, berhati-hati dan menjaga kesehatan adalah hal yang terpenting.

Bagaimana Aturan Minum Obat Nyeri Penghilang Rasa Sakit

Saat Kamu rasakan nyeri serta sakit, Kamu dapat meminum obat pembasmi rasa sakit dalam sekian waktu sampai rasa sakit itu hilang. Minumlah sesuai sama saran serta dosis yang sudah ditetapkan. Serta janganlah lupa untuk mengonsumsi suatu hal terlebih dulu sebelumnya minum obat pembasmi rasa sakit seperti paracetamol serta NSAID. Type obat ini berbentuk begitu kuat serta bisa mengakibatkan perut alami peradangan dan perdarahan bila tak konsumsi makanan apa pun terlebih dulu.

Lama Meminum Obat Penghilang Rasa Sakit

Meskipun Kamu tengah kesakitan, konsumsi obat pembasmi rasa sakit kurun waktu yang lama yaitu hal yang jelek. Mengkonsumsi dalam periode panjang dapat mengakibatkan badan alami beragam keadaan yang terkait dengan kesehatan. Bila rasa sakit Kamu telah mulai menyusut, jadi baiknya segera hentikan mengkonsumsi obat itu.

Tetapi terdapat banyak keadaan penyakit yang memerlukan obat pembasmi rasa sakit dalam periode waktu yang lama seperti, arthritis. Sudah pasti hal semacam itu mesti ditanyakan serta didiskusikan ke dokter.

Berikut adalah Efek Samping Minum Obat Nyeri Penghilang Rasa Sakit

Tiap-tiap obat type apa pun mempunyai dampaknya sendiri. Beberapa besar resikonya berlangsung karna obat dikonsumsi dalam dosis yang tinggi serta tanpa ada saran dari dokter. Kadang-kadang gabungan pada 2 atau 3 obat yang dikonsumsi sekalian, dapat mengakibatkan resikonya yang jelek. Tersebut disini resikonya yang bisa muncul bila Kamu minum obat pembasmi rasa sakit :

NSAID, type obat ini tak mempunyai resikonya yang bisa membahayakan kesehatan, cuma mempunyai resikonya dengan tanda-tanda yang enteng. Tetapi dalam masalah yang ekstrim, Kamu dapat saja alami tanda-tanda seperti, lambung alami perdarahan, perdarahan pada usus, serta permasalahan jantung.

Paracetamol yaitu obat warung yang dapat Kamu peroleh di mana-mana bahkan juga tanpa ada resep dokter. Obat ini termasuk juga obat yang aman bila dikonsumsi sesuai sama saran serta ketentuan yang ada. Tetapi bila konsumsi paracetamol dalam dosis yang terlalu berlebih jadi hal semacam ini bisa beresiko untuk hati Kamu.

Opioids, dapat menyebabkan gejala-gejala seperti, mual, muntah, sembelit, mulut kering, mengantuk, serta kebingungan. Dalam soal ini opioids memiliki dosis yang tinggi dibanding dengan paracetamol serta NSAID, oleh karenanya penggunaan obat ini mesti dengan saran dokter.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • obat pereda nyeri
  • obat penghilang rasa sakit
  • obat penghilang nyeri
  • obat nyeri
  • obat penahan rasa sakit
  • obat anti nyeri
  • obat penghilang rasa nyeri
  • obat pereda rasa sakit
  • merk obat penghilang rasa sakit
  • nama obat penghilang rasa sakit dosis tinggi
  • obat pereda
  • Obat pereda rasa nyeri
  • nama obat penghilang rasa sakit
  • obat penahan sakit
  • Obat pereda sakit
10 Obat Penghilang Rasa Sakit Paling Aman | Doktersakti | 4.5
error: Content is protected !!