26 Obat Penurun Panas Demam di Apotik dan Tradisional

Obat Penurun Panas

Obat Penurun Panas

Obat Penurun Panas Demam untuk Anak-Anak dan Dewasa – Penyakit sewaktu-waktu bisa menyerang tubuh jika tidak dijaga, kadang masih banyak orang yang menganggap remeh beberapa penyakit ringan seperti badan meriang. Meriang biasanya dapat menimbulkan gejala panas dingin yang disertai dengan badan menggigil, jika gejala ini menyerang tentu akan sangat menyiksa. Meskipun penyakit panas atau meriang bukan termasuk penyakit yang serius, tetapi jika tidak segera di obati dapat membuat aktivitas sehari-hari apalagii jika menyerang anak-anak.

Untuk mengobati penyakit panas ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, penyakit ini bisa di obati dengan minum obat penurun panas di apotik. Tetapi jika anda tidak suka minum obat kimia, penyakit panas juga bisa di obati dengan menggunakan obat penurun panas alami yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Nama Obat Panas Di Apotik

Banyak jenis obat penurun panas demam yang bisa anda dapatkan di apotik, seperti :

  1. Paracetamol

Pastinya anda semua sudah kenal dengan nama obat panas yang satu ini, paracetamol memang sering dijadikan sebagai obat andalan ketika seseorang terserang panas. Obat ini sangat mudah sekali didapatkan dan harganya pun cukup terjangkau. paracetamol tidak hanya dapat diberikan kepada orang dewasa saja, tetapin juga bisa diberikan untuk obat penurun panas alami.

Selain dapat mengobati panas, paracetamol juga sangat efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit lainnya seperti flu, pusing, sakit kepala, meredakan rasa nyeri dan juga obat sakit gigi. Paracetamol memang salah satu jenis obat yang cukup aman digunakan baik untuk dewasa maupun anak-anak, karena di dalam obat ini mengandung phenacetin yang tidak bersifat karsinogenik. Untuk itu, jika anda atau anak anda menderita panas, maka obat paracetamol dapat diberikan sebagai penanganan pertama.

  1. Sanmol

Obat penurun panas di apotik yang ampuh lainnya yaitu Sanmol. Sanmol sendiri merupakan jenis obat yang di dalamnya terdapat kandungan paracetamol yang juga dapat menurunkan panas dengan efektif. Sama hal nya dengan paracetamol, Sanmol juga tidak hanya dapat mengobati sakit panas saja, tetapi juga efektif untuk mengobati sakit kepala, pusing, mengurangi rasa nyeri dan sakit gigi.

Kandungan paracetamol yang terkandung di dalam Sanmol ini juga sangat efektif untuk menurunkan panas baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Namun pastikan selalu memperhatikan aturan pakainya atau anda bisa meminta saran dokter sebelum mengkonsumsi obat ini, sehingga dapat meminimalisir efek samping yang ditimbulkan dari obat ini terutama penggunaan pada ibu hamil dan menyusui.

  1. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan nama dari salah satu jenis obat penurun panas yang ada di apotik, obat ini sangat efektif untuk menyembuhkan sakit panas dingin atau meriang yang menyerang tubuh. Namun perlu anda ketahui bahwa reaksi dari obat ini cukup keras, sehingga anda harus hati-hati dalam mengkonsumsi obat ini ikuti anjuran dari aturan pakainya atau mintalah saran dokter sebelum minum obat ini.

Jika anda atau anggota keluarga anda memiliki riwayat penyakit asma, maagm darah tinggi, ginjal atau penyakit jantung, sebaiknya anda tidak mengkonsumsi obat ini. Bagi anda yang memiliki alergi terhadap aspirin, anda juga tidak dianjurkan untuk minum obat ini karena dapat menimbulkan reaksi yang cukup berbahaya. Untuk mencegah terjadinya efek samping yang tidak diinginkan, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ketika akan mengkonsumsi obat ini.

Perhatian :

Jangan sembarangan memberikan salah satu jenis obat diatas untuk bayi, jika memang anda membutuhkan obat penurun panas bayi, sebaiknya bawalah bayi anda ke bidan atau dokter anak untuk mendapatkan penanangan yang tepat dan aman bagi bayi anda.

Obat Penurun Panas Alami (Tradisional)

Selain dapat diobati dengan menggunakan obat di apotik, anda juga bisa memilih melakukan pengobatan dengan cara alami.

Berikut ini beberapa bahan alami yang ampuh menurunkan panas, diantaranya yaitu :

  1. Obati Dengan Timun

Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk merawat kecantikan kulit wajah, timun juga ampuh dalan menurunkan panas baik pada anak-anak maupun dewasa. Timun dapat memberikan efek dingin, sehingga dapat menyerap suhu panas dari dalam tubuh.

Cara menurunkan panas dengan timun dapat dilakukan dengan mudah, pertama-tama siapkan timun segar secukupnya dan haluskan dengan cara di parut. Kemudian balurkan pada bagain tubuh seperti perut dan juga di sekitar dada, biarkan selama beberapa menit sampai efek dingin dari timun sudah tidak terasa lagi. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari sampai suhu panas pada tubuh menurun dan sembuh.

  1. Obati Dengan Bandotan

Tahukah anda, apa itu daun bandotan? Daun tanaman bandotan memang tidak begitu familiar di kalangan masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan. Namun daun dari tanaman bandotan ini sangat ampuh dan dipercaya mampu menurunkan panas dengan cepat dan tentunya aman tanpa efek samping seperti obat-obatan berbahan kimia. Obat tradisional ini sudah digunakan sejak lama, karena kandungan zat yang ada di dalamnya mampu menurunkan panas dan juga mengobati berbagai jenis penyakit lainnya. cara menurunkan panas dengan daun bandotan ini yaitu dapat dilakukan dengan cara meminum air rebusan daun bandotan.

Cara membuatnya ramuannya yaitu, ambil secukupnya dan bersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, rebusa dengan segelas air besih hingga mendidih, lalu angkat dan dinginkan. Minum obat penurun panas tradisional ini secara rutin dan teratur 2-3 kali sehari sampai sembuh.

  1. Obati Dengan Akar Sidaguri

Bahan alami lainnya yang bisa anda manfaatkan sebagai obat penurun panas yaitu akar dari tanaman sidaguri. Akar sidaguri ini memiliki banyak kandungan zat yang sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu dapat membantu menurunkan panas dan meriang.

Cara membuat ramuan obat panas dari akar sidaguri ini yaitu, pertama-tama siapkan segenggam akar sidaguri dan bersihkan, setelah itu, rebus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Setelah itu angkat dan dinginkan, minum ramuan ini secara teratur 2 kali sehari selagi hangat dan lakukan sampai sembuh.

  1. Bawang Merah

Bahan alami yang terakhir yang efektif untuk menurunkan panas yaitu dengan menggunakan bawang merah, cara pengobatan ini tidak hanya baik untuk dewasa tetapi juga dapat dijadikan sebagai obat penurun panas bayi dan anak-anak.

Caranya sangat mudah dan sederhana, ambil 1-2 siung bawang berah dan haluskan. Setelah itu, tambahkan sedikit minyak kelapa atau minyak kayu putih dan balurkan ke bagian tubuh anak anda seperti pada lipatan ketiak, punggung, dada dan perut. Cara ini cukup efektif dan dapat menurunkan panas anak dengan cepat, setelah diobati anak akan tidur lebih nyenyak.

  1. Temulawak

Untuk permasalahan asam lambung atau masalah pencernaan, temulawak yaitu obat nomor satu yang dapat dilirik dan diramu. Tetapi terkecuali jadi obat untuk lambung, temulawak yaitu obat mujarab untuk turunkan panas demam untuk anak ataupun orang dewasa. Diluar itu, temulawak juga dapat tingkatkan nafsu makan, menangani diare dan sakit kuning.

Untuk jadi penurun panas, Kamu cukup mempersiapkan 10 gr rimpang temulawak dan bersihkan bersih. Sesudahnya dapat Kamu parut dan lebih dengan air panas sejumlah ½ gelas sebelumnya lalu diaduk rata. Setelah dingin, peraslah dan ambillah sarinya, barulah berikan madu asli 2 sendok makan sebelumnya dikonsumsi.

  1. Sambiloto

Tanaman obat ini memanglah mempunyai segudang faedah dan pastinya dapat dihandalkan sebagai obat penurun panas. Baik untuk menyembuhkan demam dan panas anak ataupun orang dewasa, langkahnya sama, yaitu dengan mempersiapkan daun sambiloto sejumlah 10 gr. Yakinkan kalau daun yang dipakai yaitu daun yang kering.

Kemudian, rebus daun sambiloto berbarengan dengan umbi kunyit kering sejumlah 25 gr berbarengan air 200 ml. Didihkan sampai air tinggal separuhnya dengan kata lain 100 ml, barulah Kamu menyaringnya. Setelah jadi hangat, berikan madu seperlunya, aduk-aduk dan barulah ramuan siap diminum ; bagilah jadi 3 sisi dan makanlah satu hari 3 kali.

  1. Air Kelapa Muda

Didalam air kelapa muda ada kandungan tinggi bakal kalium yang masih tetap semacam mineral. Zat mineral ini dibutuhkan oleh badan saat tengah demam atau panas karna saat badan panas, jadi badan automatis keluarkan keringat banyak. Agar suhu badan dapat turun waktu panas, minum air kelapa yaitu jalan keluar alami yang pas.

Tidak cuma dapat jadi penawar toksin pada beberapa orang yang alami keracunan, air kelapa muda dapat jadi obat demam atau penurun panas manjur. Saat keringat terus menerus keluar waktu panas, jadi obat tradisional satu ini dapat jadi pengganti keringat yang keluar banyak tadi. Panas akan jadi lebih mudah dan cepat turun.

  1. Kunyit

Sangat banyak faedah kunyit yang dapat Kamu dapatkan dan salah nya ialah sebagai obat penurun panas. Kandungan anti-oksidan, anti-inflamasi, kurkumin, turmeron, antibakteri dan minyak atsirinya sangat tinggi dan baik untuk badan. Untuk turunkan panas, kunyit ini dapat begitu mudah dipakai hingga Kamu tak perlu bingung.

Ambillah 10 gr umbi kunyit dan cuci bersih lebih dahulu sebelumnya diparut. Waktu memarutnya, berikan juga air panas ½ gelas dan aduklah sampai rata. Peraslah dan ambillah sarinya bila telah dingin, lantas berikan air perasan jeruk nipis ½ buah. Kemudian masih tetap mesti digabung lagi dengan madu bunga kapuk 2 sendok makan ; bagilah jadi 3 dan makanlah satu hari 3 kali.

  1. Jahe

Walaupun ada resikonya jahe, tetaplah saja rempah ini bisa memberi segudang faedah untuk badan, terlebih di saat sakit. Untuk turunkan panas, yakinkan Kamu coba bikin teh jahe dengan memasukkan 1 ½ sendok teh parutan jahe ke secangkir air panas dan biarlah sepanjang sebagian menit. Berikan madu seperlunya sebelumnya dikonsumsi.

  1. Cuka Sari Apel

Untuk turunkan panas demam, Kamu juga dapat memakai cuka sari apel dimana yang Kamu perlukan yaitu 1 ½ cangkir yang lalu ditambahkan ke air hangat untuk mandi. Berendamlah disana sekitaran 10 menit dan sesudah 20 menit baru bakal merasa akhirnya. Coba lagi kerjakan ini saat badan panas lagi.

  1. Putih Telur

Sebagai penurun panas, Kamu dapat cobalah untuk menggunakan putih telur yang dikocok, lantas ambillah saputangan tidak tebal untuk dicelup atau direndamkan di putih telur itu. Kemudian letakkanlah kain itu ke telapak atau tumit kaki pasien panas demam. Saat kain telah mulai jadi kering dan merasa hangat, ganti selekasnya dengan kain yang baru ; kerjakan hingga panas turun.

  1. Mint

Daun mint juga ampuh dipakai sebagai penurun panas demam dimana Kamu dapat memberikan sesendok makan daun mint kedalam secangkir air panas. Setelah diseduh sepanjang lebih kurang 10 menit, saringlah dan masukan sebagian sendok teh madu. Pasien panas demam dapat mengkonsumsinya satu hari 3-4 kali untuk pengobatan yang lebih cepat.

  1. Lempuyang Emprit

Ada kandungan senyawa minyak atsiri didalam lempuyang emprit ini dan tersebut zat yang bakal menolong suhu badan yang tinggi dapat turun dengan cara alami. Pemakaian dikhususkan di bagian rimpangnya yang mempunyai rasa pahit dan mempunyai warna putih kekuningan.

Untuk bikin ramuannya, Kamu dapat cobalah membersihkan umbi lempuyang emprot 10 gr lebih dahulu, barulah kemudian diparut. Hasil parutan lalu ditambahkan dengan air panas sejumlah ½ gelas dan aduk-aduklah rata. Setelah jadi dingin, sarinya dapat Kamu peras dan ambillah untuk lalu digabungkan berbarengan madu 2 sendok makan. Ramuan ini dapat dikonsumsi satu hari 3 kali untuk hasil paling baik.

  1. Pegagan

Tanaman herbal satu ini dapat jadi obat penurun panas juga untuk orang dewasa dan anak-anak. Didalam daun pegagan terdapat beberapa kandungan baik yang begitu aman apabila dikonsumsi, seperti saponin, triterpenoid, vellarine, dan hydrocotyline. Terkecuali dapat jadi penurun panas, tumbuhan ini begitu dapat digunakan untuk merevitalisasi badan.

Dalam meramunya, Kamu dapat sediakan daun pegagan yang dalam keadaan fresh sejumlah 1 genggam. Kemudian rebus dengan air sejumlah 2 gelas hingga mendidih dan diamkan ramuan hingga tersisa lebih kurang satu gelas (250 ml). Ramuan lalu dapat dibagi jadi 3 untuk dikonsumsi 3 kali sehari-harinya hingga panas turun.

  1. Meniran

Satu lagi obat tradisional yang dapat jadi jalan keluar di saat badan tengah demam dan suhu badan naik. Daun tanaman meniran di ketahui mempunyai banyak kandungan baik, misalnya vitamin C, triterpenoid, tanin, alkaloid dan flavonoid yang disebut anti-oksidan. Semua kandungan baik itu begitu bertindak besar sebagai penurun panas.

Untuk meramunya, Kamu dapat mempersiapkan daun meniran sejumlah 1 genggaman tangan dan yakinkan kalau keadaannya masih tetap begitu fresh. Rebus lalu berbarengan air 2 gelas sampai mendidih. Rebus hingga pada akhirnya air tinggal satu gelas saja bekasnya lantas diamkan hingga jadi hangat sebelumnya dikonsumsi. Ramuan itu dapat dibagi 3 sisi untuk mengkonsumsi 3 kali /harinya.

  1. Daun Kemangi

Untuk turunkan panas, Kamu juga dapat memercayakan daun kemangi yang umumnya dipakai sebagai lalapan sekalian obat bau mulut. Ambillah daun kemangi 20 lembar dan rebus berbarengan sesendok teh jahe yang telah dihancurkan didalam secangkir air. Sesudah air dididihkan dan tinggal separuhnya, minumlah dengan memberikan madu murni seperlunya.

Mengobati berbagai jenis penyakit termasuk menurunkan panas menggunakan obat kimia ataupun obat tradisional memang sama-sama efektif asalkan dilakukan dengan tepat. Jika dalam 3 hari panas tubuh tidak kunjung sembuh, maka sebaiknya segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian ulasan kami kali ini mengenai obat penurun panas, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

Semoga lekas sembuh.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • obat panas dingin di apotik
  • obat demam dewasa di apotik
  • obat panas dengan shio
  • obat diapotik untuk panas dingin dan pusing
  • obat cacing apotik buat obat panas balita
  • obat 3 macam penurun panas dingin
  • nama obat penurun panas di apotik
  • nama obat penurun panas dewasa
  • nama obat demam di apotik
  • nama obat apotik buat demam
  • madu untuk anak panas dalam diapotik
  • jenis obat untuk mengobati penyakit ringan seperti panas
  • jenis obat panas
  • diobati paracetamol tetap suhu badan muncul Apotek
  • zat yg terkandung pada obat penurun panas
26 Obat Penurun Panas Demam di Apotik dan Tradisional | Suster Cantik | 4.5
error: Content is protected !!