Obat Ranitidine : Manfaat, Dosis, Efek Samping

Obat Ranitidine

Obat Ranitidine

Obat Ranitidine Bermanfaat untuk Magg dan Asam Lambung – Obat Ranitidine adalah obat sakit maag dan obat menurunkan asam lambung yang dikategorikan dalam golongan Antihistamin, Naiknya asam lambung merupakan salah satu gejala yang bisa menimbulkan rasa sakit pada bagian perut. Gejala ini adalah salah satu gejala dari ranitidine. Ranitidine merupakan suatu rasa sakit yang disebabkan karena meningkatnya asam lambung dan pada akhirnya bisa mengakibatkan sakit di bagian ulu hati hingga ke usus. Namun, tentu saja setiap penyakit pasti ada obatnya. Saat ini, memang sudah banyak sekali berbagai macam obat ranitidine yang bisa Anda temukan di apotek maupun di toko-toko terdekat. Obat ini pun ada beberapa jenis yang bisa Anda dapatkan tanpa harus menggunakan resep dokter.

Banyak orang yang mengeluh sakit karena ranitidine hingga tidak banyak orang yang tidak bisa melakukan aktivitas ketika merasakan sakit ini. tentu saja, karena jika asam lambung sudah meningkat dengan angka yang tinggi maka bisa menyebabkan sakit pada bagian organ lain. 

Beberapa Macam Obat Ranitidine di Apotek

  1. Alginat

Obat ranitidine di apotek yang pertama adalah alginat. Obat ini merupakan salah satu obat yang dapat menurunkan asam lambung Anda yang naik. Alginat berbeda dengan obat asam lambung yang lain karena obat alginat ini dikonsumsi setelah Anda selesai makan. Sebenarnya pada umumnya obat ranitidine memiliki kandungan yang sama, namun biasanya yang membedakan adalah waktu konsumsinya dan juga mekanisme dari obat tersebut. Obat ini dapat bekerja meningkatkan Ph dan menurunkan refluks, sehingga obat ini dapat melapisi mukosa lambung yang tipis karena kadar asam dalam lambung yang tinggi.

  1. Antasida

Antasida adalah salah satu obat yang paling familiar di masyarakat dengan manfaatnya yang dapat menurunkan asam lambung. Obat ini merupakan obat ranitidine yang ampuh dalam menurunkan asam lambung. Tentu saja, karena obat ini merupakan obat yang berasal dari campuran bahan magnesium trisilicate, alumunium hydroxide atau calcium carbonate. Obat ini dapat menetralkan keadaan lambung yang asam, sehingga kadar asam lambung dapat turun dan netral. Salah satu obat ranitidine ini dapat dikonsumsi sebelum Anda makan dan usahakan jika Anda mengkonsumsi obat ini jangan dibarengi dengan mengkonsumsi obat lain. mengapa? Tentu saja karena hal tersebut akan mengganggu penyerapan obatnya. Harganya adalah Rp 5.000.

  1. Prokinetik

Obat ranitidine di apotek dengan merk prokinetik adalah sejenis obat yang dapat menurunkan asam lambung dengan mekanisme kerja dapat mempercepat proses pengosongan di lambung. Tentu saja obat ini dapat menurunkan asam lambung, karena seperti yang Anda ketahui ketika makanan dalam lambung cepat masuk ke usus maka kadar asam lambung akan berkurang. Obat ini memang efektif dalam mempercepat proses pengosongan lambung, tetapi obat ini juga memiliki kekurangan. Bagi Anda yang berusia di bawah 20 tahun, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi obat ini dan memang obat ini bisa dibeli hanya dengan disertai resep dokter. Contoh obat prokinetik adalah domperidone yang dijual dengan harga kurang lebih Rp 25.000.

  1. Famotidine

Famotidine adalah salah satu obat ranitidine yang efektif digunakan untuk menurunkan asam lambung. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi efek histamin. Seperti yang Anda ketahui bahwa kerja asam lambung dipengaruhi oleh histamin, sehingga ketika histamin dihambat maka proses pengahasilan asam lambung pun akan terhambat juga. Obat famotidine dijual dengan harga sekitar Rp 7.000.

  1. Omeprazole

Obat omepazrole merupakan salah satu obat ranitidine yang mengandung proton pump inhibitor (PPI). Obat ini dapat menurunkan produksi asam lambung, sehingga sakit lambung Anda tidak akan bisa sampai ke ulu hati. Obat ini memiliki beberapa efek samping, oleh karena itu dalam mendapatkan obat ini dibutuhkan resep dokter karena memang obat ini tidak dijual secara bebas. Harganya Rp 5.700. 

Beberapa Manfaat Obat Ranitidine

  1. Terapi duodenum ulkus

Ulkus duodenum adalah dicirikan dengan adanya luka pada bagian lambung atau pun usus dua belas jari. Usus duabelas jari merupakan salah satu organ yang terletak tepat di bawah lambung, sehingga ketika dinding lambung terluka karena produksi asam lambung yang meningkat, sehingga bagian usus duabelas jari pun akan luka juga. Dengan Anda meminum obat ranitidine ini maka ulkus usus bisa sembuh. Tentu saja, karena salah satu manfaat obat ranitidine dapat dijadikan sebagai terapi duodenum ulkus.

  1. Eradikasi bakteri Helicobacter pylori

Eradikasi merupakan suatu cara yang dilakukan dengan memusnahkan bagian yang terluka secara keseluruhan. Jadi, obat ranitidine yang mujarab ini dapat membunuh semua bakteri penyebab ulkus, baik yang ada di bagian lambung maupun pada bagian usus. Obat ranitidine yang mujarab ini memang benar-benar nyata dapat membunuh semua bakteri sehingga luka bisa sembuh. Helicobacter pylori merupakan salah satu jenis bakteri yang dapat memperparah tukak lambung maupun usus, sehingga jika bakteri ini tidak segera dibasmi maka akan menyebabkan luka yang parah.

  1. Terapi usus gastrointestinal

Manfaat obat ranitidine berikutnya adalah obat ini dapat dapat digunakan sebagai terapi usus gastrointestinal yang bisa menangani tukak pada bagian pencernaan. Terapi ini dimaksudkan untuk menyembuhkan tukak yang disebabkan karena adanya asam lambung yang naik.

  1. Pencegahan heartburn

Pencegahan merupakan salah satu tindakan preventif yang mencegah terjadinya suatu penyakit, sedangkan heartburn adalah suatu keadaan dimana bagian organ pencernaan terasa sakit dan panas. Obat ratidine yang bermanfaat ini sangatlah manjur untuk mencegah terjadinya heartburn. Obat ini diminum sekitar ½ hingga 1 jam sebelum makan, sehingga heartburn tidak akan terjadi pada bagian organ pencernaan. Makanan yang dapat menyebabkan heartburn ini adalah salah satu contohnya makanan yang bersifat asam, sehingga dapat memicu naiknya asam lambung. Selain berasal dari makanan, obat-obatan juga bisa menyebabkan iritasi pada bagian lambung. Jadi, sebaiknya Anda juga mengkonsumsi obat yang dapat menurunkan asam lambung ketika mengkonsumsi obat ini.

  1. Erosi esofagus

Obat ranitidine berikutnya adalah dapat bermanfaat untuk erosi esofagus. Erosi esofagus ini merupakan luka pada bagian kulit yang dangkal karena terjadi pada kulit yang paling luar dan mengeluarkan serum. Luka pada esofagus ini memang tidak terlalu dalam, tetapi rasa sakit yang dirasakan sangatlah parah karena memang terjadi pada organ dalam bagian pencernaan. Obat ini dapat mengurangi luka atau bahkan menyembuhkan luka pada bagian esofagus yang terjadi karena tingginya asam lambung. Jadi, obat ini pada awalnya dapat menetralkan lambung terlebih dahulu dan mengobati esofagus.

Itulah beberapa obat dan berbagai manfaat yang bisa Anda rasakan dengan Anda mengkonsumsi obat ranitidine ini. obat ini memang salah satu obat yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Tentu saja, karena obat ini tersedia di toko-toko terdekat meskipun ada beberapa yang bisa dibeli hanya dengan menggunakan resep dokter. Jadi, jika Anda mengalami sakit pada lambung karena asam lambung Anda yang naik sebaiknya segeralah mengkonsumsi obat ini agar luka Anda bisa sembuh.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • Apkh dipuskesmas bntarbolang ada obt ranitidine
  • Berapa harga ranitidin september 2017
  • campuran obat mempercepat naiknya dosis
  • harga prokinetik
  • nama obat mengandung alginat
  • ranitidine obat nyeri dada
  • terapi ranitidine
Obat Ranitidine : Manfaat, Dosis, Efek Samping | Doktersakti | 4.5
error: Content is protected !!