Obat TBC di Apotik dan Tradisional

Obat TBC

Obat TBC

Daftar Obat TBC yang Aman dan Ampuh  TBC atau Tuberculosis adalah salah satu penyakit yang sejak dulu sangat meresahkan masyarakat. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang paru-paru, sehingga bisa menyebabkan pasien sering batuk-batuk yang tidak kunjung sembuh. Awalnya penyakit ini hanya menyerang orang tua usia lanjut dan orang dewasa saja, tetapi seiring dengan berjalannya waktu penyakit ini bisa menyerang anak kecil. Namun, untuk saat ini jangan khawatir karena sudah ada obat TBC yang banyak tersedia di apotek maupun obat-obat tradisional. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menular, sehingga pasien banyak yang dikucilkan dari masyarakat. Jika Anda penasaran dengan macam-macam obat tersebut, inilah informasinya untuk Anda.

Nama Obat TBC di Apotek Resep Dokter

  1. Isoniazid

Obat TBC ini adalah salah satu obat yang dapat membunuh bakteri penyebab TBC yang sedang berkembang pesat di dalam sel tubuh Anda. Obat ini memiliki mekanisme penghambatan yang dapat merusak dinding sel bakteri sehingga bisa membunuh bakteri dengan cepat dan tidak merusak sel tubuh Anda. Obat ini mengandung enzim asetiltransferase yang bisa mempercepat asetilasi dalam tubuh sel bakteri. Obat ini aman untuk ginjal Anda karena memang mudah dicerna oleh organ tubuh. Harga obat TBC di apotek ini adalah sekitar Rp. 45.000 per 100 tablet.

  1. Rifampisin

Rifampisin adalah salah satu obat antibiotik yang dihasilkan oleh bakteri Streptomyces mediterranei yang sengaja dibuat sebagai obat TBC yang aman untuk dikonsumsi oleh tubuh. Obat ini bersifat bakterisid yang luas, baik ketika berada di dalam sel maupun di luar sel tubuh. Obat TBC yang ampuh ini dapat menghambat sintesis RNA pada bakteri sehingga proses pembelahannya pun akan terhambat. Jadi, bakteri tidak berhasil memperbanyak diri. Reabsorbsi obat ketika berada di usus sangat tinggi. Selain itu, obat ini juga tidak merusak ginjal sehingga aman bagi tubuh Anda. Obat ini tersedia di apotek dengan harga Rp 1.719 per tablet.

  1. Pyrazinamid

Obat TBC di apotek selanjutnya adalah pyrazinamid. Obat ini merupakan obat dari bahan pirazin dari nikotinamida yang merupakan salah satu bagian yang menyusun vitamin. Obat ini merupakan salah satu obat yang aman dikonsumsi dan sangat efektif untuk proses penyembuhan penyakit TBC. Obat ini dapat bekerja dengan mekanisme perubahan asam pirazinat menjadi enzim pyrazinamidase yang dapat membuat lingkungan di sekitar bakteri penyebab TBC menjadi asam. Setelah lingkungan asam, bakteri akan mati karena tidak tahan pada kondisi asam. Selain itu, obat ini juga aman bagi organ tubuh Anda dan dapat diekskresikan melalui urin. Harga obat ini adalah sekitar Rp 26.000 per box.

  1. Ethambutol

Obat ethambutol adalah salah satu obat TBC yang tersedia di apotek terdekat dengan harga yang murah, yaitu Rp 10.000 per strip. Obat ini terbuat dari bahan sintetis yang aman bagi tubuh Anda. Ethambutol ini merupakan salah satu obat yang digunakan untuk membunuh bakteri yang telah resisten terhadap obat streptomicin dan pyrazinamid. Mekanismenya adalah dengan menghambat sintesis metabolit sel dari sel tubuh bakteri, sehingga bakteri tidak bisa tumbuh dengan baik.

  1. Streptomicin

Obat TBC yang aman dikonsumsi berikutnya adalah streptomicin. Obat ini berasal dari bakteri Streptomyces griceus yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan dari sel bakteri penyebab TBC. Mekanisme kerja dari obat ini adalah dengan menghambat sintesis protein bakteri sehingga pertumbuhan bakteri bisa terhambat. Namun, obat ini bersifat toksik terhadap pendengaran dan penglihatan, sehingga seseorang yang mengkonsumsi obat ini akan mengalami gangguan pada pendengaran atau pun penglihatannya. Obat ini tersedia di apotek dengan harga Rp.

Macam-Macam Obat TBC Tradisional Dan Herbal

  1. Tanaman ciplukan

Obat TBC tradisional yang pertama adalah dari tanaman ciplukan. Tanaman ini dalah sejenis tanaman yang biasanya tumbuh di berbagai daerah. Selain itu, tanaman ini juga bisa mudah tumbuh di mana-mana sehingga Anda bisa mudah menemukan tanaman obat TBC ini. Cara membuat ramuan tradisional dari tanaman ciplukan pun sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan seluruh bagian dari ciplukan mulai akar hingga bunganya. Cuci bersih semua bagian tanaman ciplukan tersebut. Kemudian rebus dengan 3 gelas air, tunggu hingga mendidih. Diamkan hingga hangat, kemudian saringlah air rebusan tersebut. Setelah itu, minumlah air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari.

  1. Pohon waru

Obat TBC yang alami berikutnya adalah daun dari pohon waru. Pertama-tama, siapkanlah satu genggam daun waru yang telah Anda petik dari pohonnya. Jangan lupa untuk mencucinya hingga bersih. Kemudian, 3 gelas air untuk merebus daun waru tersebut. Setelah itu, rebuslah bahan-bahan tersebut hingga volumenya menjadi ¾ dari volume awal. Kemudian, saring dan masukkanlah gula. Aduk hingga rata dan minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali sehari sebagai obat TBC Anda.

  1. Bunga wijayakusuma

Bunga wijaya kusuma adalah salah satu bunga yang langka. Obat ini bisa dijadikan sebagai obat TBC yang efektif dalam menghambat pertumbuhan sel bakteri. Siapkan 3-5 kuntum bunga, 15 gram gula dan 3 gelas air. Rebuslah semua bahan tersebut tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, dinginkan dan saring larutan tersebut agar tidak terdapat ampas yang masuk dalam ramuan ini. Kemudian minum ramuan ini sebanyak 2 kali sehari.

  1. Sambioloto

Obat TBC tradisional berikutnya adalah dari bahan sambiloto. Caranya mudah, sediakan bubuk kering sambiloto, campur dengan 3 ½ gelas air dan rebus hingga mendidih. Biarkan hingga dingin kemudian campur dengan madu, aduk hingga merata dan minum ramuan ini sampai habis. Mudah bukan?

  1. Daun jinten

Obat TBC berikutnya adalah datang dari bahan daun jinten. Daun jinten ini bisa juga Anda campur dengan satu biji pranajiwa, satu sendok teh daun meniran, gula jawa, satu jari bidara dan air minum. Setelah semuanya siap, jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu. Setelah itu, rebuslah semua bahan-bahan tersebut hingga mendidih kurang lebih selama 10 menit. Setelah mendidih, aduk rata ramuan yang telah direbus, kemudian saringlah hingga tidak ada ampas yang masuk. Minumlah ramuan campuran daun jinten sebanyak ½ gelas dalam 3 waktu dalam sehari. Jadi, Anda bisa mengkonsumsi ini sebanyak ½ gelas ramuan pada pagi, siang dan sore hari.

Itulah beberapa macam obat TBC yang tersedia baik dalam obat generic maupun obat tradisional yang bisa Anda siapkan sendiri dengan bahan-bahan yang ada di alam. Jangan patah semangat dengan penyakit ini karena memang setiap penyakit pasti ada obatnya. Jadi, Anda bisa memilih jenis obat mana yang ingin Anda konsumsi. Jika Anda cocok dengan obat yang tersedia di apotek, maka beli lah di apotek terdekat. Namun, jangan lupa untuk periksa ke dokter terlebih dahulu. Jika Anda tidak suka dengan obat di apotek, Anda bisa membuat ramuan obat dari bahan-bahan alami yang telah disebutkan di atas.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • nama obat tbc di apotik
  • daftar obat tbc di apotik
  • Harga obat tbc diapotik
  • makanan untuk penderita tbc
  • obat tbc yg banyak orang beli di apotik
Obat TBC di Apotik dan Tradisional | Doktersakti | 4.5
error: Content is protected !!