Obat Tetes Mata dan Cara Menggunakannya

Obat Tetes Mata

Obat Tetes Mata

Daftarobat.com – Obat Tetes Mata Tradisional dan Apotik untuk Gangguan Mata, Gangguan mata bukan lagi hal yang dapat disepelekan karena mata merupakan panca indera utama yang digunakan manusia. Anda dapat menggunakan obat tetes mata baik yang ada di apotik maupun tradisional. Masing-masing obat memiliki kelebihan masing-masing serta disesuaikan dengan kondisi mata. Pengetahuan tentang obat mata membuat pengobatan dan perawatan menjadi lebih efektif dan tepat guna.

Obat tetes mata merupakan obat untuk penggunaan luar sehingga memerlukan aturan tertentu untuk menghindari komplikasi. Beberapa gangguan mata yang dapat disembuhkan oleh tetes mata dapat dibagi menjadi dua kelompok yaitu kuman dan bukan kuman. Mata merah sering terjadi akibat terserang kuman tertentu dan mata akan terasa panas. Untuk mengatasinya, obat tetes berperan mirip seperti antibiotik yang membunuh kuman atau bakteri tersebut. Gangguan tipe ini dialami karena kontak dengan penderita. Yang kedua adalah gangguan mata non-kuman yang umum dijumpai. Mata menjadi iritasi dan merah karena terpapar debu, kering akibat lensa kontak, terlalu lama di depan computer, dan sebagainya. Tipe gangguan ini dapat disembuhkan segera mungkin.

Bagian berikutnya akan menjelaskan beberapa obat tetes mata yang berguna untuk menyelesaikan gangguan apapun. Perlu diingat, gangguan tersebut tidak berhubungan dengan bagian dalam mata seperti syaraf, retina, atau lensa. Untuk gangguan yang dimaksud, mata membutuhkan penanganan dokter dan medis lebih intensif.

Nama Merk Obat Tetes Mata di Apotik

  1. Rohto

Obat tetes mata di apotik terdiri dari dua kategori. Yang pertama adalah obat tetes yang dapat dibeli tanpa resep dokter dan kedua adalah obat yang membutuhkan resep dokter. Apakah keduanya berbeda? Anda pernah melihat iklan Rohto di televisi sebagai salah satu obat tetes mata yang efektif menyembuhkan iritasi dan mata kering. Rohto merupakan produk yang tersedia di apotik secara bebas. Anda dapat membelinya tanpa resep dokter dan cukup mengikuti aturan yang telah ditulis pada petunjuk pemakaian.

  1. Visine

Obat tetes mata lain adalah Visine. Obat ini memiliki kemampuan untu mengatasi mata kering karena terlalu lama di depan komputer. Kondisi kering pada mata terjadi karena mata jarang berkedip. Visine tersedia di banyak tempat mulai dari apotik, minimarket, hingga warung di pinggir jalan. Namun, Anda dianjurkan untuk membeli obat ini di apotik untuk menghindari obat yang kadaluarsa. Dosis penggunaan obat ini sangat rendah karena cukup beberapa tetes untuk mengembalikan mata ke kondisi normal. Anda juga dapat membawanya selama perjalanan jauh ketika berkendara motor.

  1. Insto

Obat tetes mata yang dijual di pasaran telah memiliki izin dari pihak yang berwenang. Beberapa produk terkenal dengan merek dagangnya untuk memudahkan konsumen membeli di apotik terdekat. Salah satu obat tersebut adalah Insto yang kadang muncul di media massa dengan iklan yang menarik. Insto merupakan obat tipe ringan yang digunakan untuk mengatasi gangguan mata seperti iritasi, mata kering, terkena debu, dan kuman ringan. Anda cukup meneteskan pada mata dan biarkan menyatu dengan area luar mata. Pastikan tidak mengusap mata ketika menggunakan obat tetes ini.

  1. Cendo Xitrol

Cendol Xitrol adalah obat tetes mata di apotik yang membutuhkan resep dokter. Obat ini memang dijual bebas tetapi membelinya tidak mudah. Khasiat obat ini adalah penyembuhan mata dalam seperti kornea serta pengembalian kondisi normal setelah operasi mata. Ketika Anda mengalami gangguan mata, obat ringan menjadi pilihan. Jika masih mengalami iritasi dan kondisi tidak nyaman, Anda diharuskan untuk meminta resep dokter. Salah satu obat yang diresepkan adalah Cendo Xitrol. Anda dapat menebus obat ini di apotik terdekat dan pastikan resep dokter telah valid.

  1. Freshkon Clear

Nama Freshkon Clear mungkin terdengar asing, tetapi ini adalah salah satu obat tetes mata yang handal. Obat ini mampu meredakan iritasi akibat debu atau benda kecil yang menyebabkan mata merah. Freshkon sangat sesuai bagi mereka yang memiliki kesibukan di luar ruangan dan memiliki kontak langsung dengan lingkungan yang beresiko. Pastikan Anda membaca aturan pakai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Refresh Contacts

Penggunaan lensa kontak juga meninggalkan efek samping. Mata menjadi mudah lelah serta kering. Anda membutuhkan obat tetes mata yang tepat untuk menyelesaikan komplikasi akibat lensa kontak. Salah satunya adalah Refresh Contacts. Dari nama produk, anda dapat memperkirakan fungsi utama dari obat ini. Beberapa apotik menyediakan obat dengan bebas dan perhatikan aturan pakai sebelum menggunakannya.

Daftar Obat Tetes Mata Tradisional

  1. Daun sirih

Obat tetes mata tradisional menjadi pilihan karena alami dan tanpa efek samping. Daun sirih merupakan salah satu obat yang dapat digunakan untuk meredakan mata merah, kering, dan iritasi. Daun sirih memiliki kandungan antibiotik yang berguna ketika mata terkena kuman. Siapkan beberapa lembar daun sirih lalu rebus dengan air hingga mendidih. Tiriskan dan tunggu hingga suhu air menurun. Teteskan ke mata secara perlahan kemudian diamkan sejenak.

  1. Ketimun

Ketimun sudah tidak asing lagi untuk mengobati mata yang bengkak atau merah. Anda dapat menggunakan ketimun sebagai salah satu obat tetes mata alami. Siapkan ketimun lalu potong tipis membentuk lingkaran. Tempatkan pada mata lalu diamkan sejenak. Pengobatan ini bertujuan mengurangi efek kering dan perih sehingga aliran darah berjalan lancar.

  1. Bawang putih

Bawang putih bukan hal yang asing ketika membahas obat tradisional. Banyak khasiat yang dimiliki oleh bawang putih, termasuk mengobati mata. Kandungan alami pada bawang putih sangat aman untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Bagaimana menggunakan bawang putih sebagai obat tetes mata? Siapkan bawang putih lalu potong menjadi beberapa bagian. Gunakan kain tipis atau tisu untuk menempatkannya pada mata. Tunggu hingga beberapa menit lalu ganti dengan yang baru. Perawatan teratur akan mengembalikan mata ke kondisi normal.

  1. Air dingin

Salah satu obat tetes mata yang paling sederhana adalah air dingin. Mata menjadi lelah dan kering akibat kekurangan cairan. Anda cukup meneteskan sedikit air dingin pada mata serta membasuh muka dengan air agar terlihat lebih segar. Air dingin yang dimaksud bukanlah es tetapi memiliki suhu antara sepuluh hingga lima belas derajat celcius. Anda diamkan sejenak air yang berasal dari lemari es kemudian teteskan ke mata.

Obat yang berasal dari apotik memiliki kelebihan yaitu cepat dan mudah digunakan. Anda juga tidak perlu repot menyiapkan banyak hal karena cukuo dengan meneteskan ke mata. Sebaliknya obat tradisional membutuhkan beberapa persiapan agar dapat digunakan pada mata. Kelebihan obat tipe ini adalah aman digunakan dalam jangka waktu lama. Selain itu, obat tipe ini juga merupakan bagian dari perawatan kesehatan wajah, seperti ketimun. Mana yang terbaik dari obat tetes mata diatas? Pilihan ada pada Anda sendiri yaitu menyesuaikan kondisi mata, waktu, efektivitas, dan ketepatan penggunaan.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • cendo dpt membunuh kuman mata
  • kondisi yang memerlukan tetes mata
  • semua obat apotik dan warung
Obat Tetes Mata dan Cara Menggunakannya | Doktersakti | 4.5
error: Content is protected !!