Daftar Obat Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Obat Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Obat Yang Aman Untuk Ibu Hamil

Obat Yang Aman untuk Ibu Hamil dan Yang Tidak Boleh – Kesehatan sangat penting dan diperlukan untuk kelancaran dalam melakukan rutinitas sehari-hari. Dengan demikian, penanganan segera sangat diperlukan ketika gangguan kesehatan menyerang. Penggunaan obat merupakan salah satu cara untuk mengatasinya. Bagaimana untuk ibu hamil? Apakah ada obat yang aman untuk ibu hamil? Saat ini, sudah tersedia obat-obatan yang aman dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Obat yang terjamin keamanannya dan tidak mengganggu kesehatan janin, dapat ditemukan di apotik. Selain itu, terdapat resep ramuan obat tradisional yang tak kalah aman dan berkhasiat.

Daftar Obat yang Aman untuk Ibu Hamil dan Kandungan di Apotik

Pengobatan secara medis sangat diperlukan untuk mengatasi penyakit dan gangguan kesehatan. Akan tetapi, khusus bagi ibu hamil diharapkan lebih teliti dan berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan. Mengapa demikian? Kandungan zat dalam obat dapat mempengaruhi kondisi janin. Meskipun demikian, kini sudah ada solusinya. Berikut ini merupakan beberapa obat yang aman untuk ibu hamil dan kandungan di apotik, sehingga mampu membantu menangani masalah kesehatan dan mengembalikan kesehatan tubuh.

  1. Paracetamol

Paracetamol merupakan salah satu obat yang aman untuk ibu hamil. Khasiatnya yaitu mengobati demam. Obat berbentuk kaplet ini dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dengan memperhatikan resep dokter. Utamakan untuk memperhatikan dosis yang dianjurkan. Selebihnya, perhatikan dan pahami langkah penggunaan paracetamol. Anda dapat memperoleh obat ini dengan harga Rp 2.500,00 setiap 10 kaplet.

  1. Guaifenesin

Untuk mengobati flu dan batuk berdahak, ibu hamil dapat menggunakan guaifenesin. Obat yang aman untuk ibu hamil ini dapat dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter. Dengan demikian, anjuran dokter tersebut sebaiknya ditepati, demi kesehatan janin yang dikandung. Obat ini dapat mengatasi penyumbatan akibat dahak dan melegakan hidung yang tersumbat akibat serangan flu. Guaifenesin ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirup. Harga guaifenesin tergolong ekonomis, yaitu Rp 7.000,00.

  1. Dextromethorphan

Obat ini merupakan obat batuk kering dan gatal yang dapat ditemui di apotik. Dextromethorphan tergolong obat yang aman untuk ibu hamil yang efektif, apabila digunakan sesuai dengan anjuran dokter. Bagi ibu hamil, sebaiknya melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter, sebelum mengonsumsi obat jenis ini. Jangan sampai terjadi kesalahan dalam mengonsumsi obat. Harga Dextromethorphan dalam bentuk tablet adalah Rp 6.000,00 setiap strip dan sirupnya dapat diperoleh dengan membayar seharga Rp 2.400,00.

  1. Ambroxol

Ambroxol adalah obat yang aman untuk ibu hamil dengan penggunaan sesuai dengan rincian dosis dan jumlah yang ditetapkan dokter. Merk obat ini dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak. Anda dapat memilih untuk mengonsumsi ambroxol tablet ataupun obat cair untuk diminum.

  1. Bromhexine

Bromhexine dapat menyembuhkan batuk berdahak yang direkomendasikan dokter dan dapat diperoleh dengan mudah di apotik. Dengan rekomendasi dokter tersebut, maka obat ini termasuk obat yang aman untuk ibu hamil. Anda dapat memilih untuk mengonsumsi dalam bentuk tablet ataupun obat cair. Bromhexine ini dijual Rp 4.000,00 hingga Rp 7.000,00, sesuai bentuk obatnya.

Berikut ini adalah daftar obat yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil sesuai dengan kategorinya :

Daftar Obat Katagori
Isoniazid (C), Rifampisin (C), Ethambutol (C)Pyridoxin Tuberkulosis
Parasetamol Analgetik
Probenecid Gout
Loratadine, Cetirizine Antialergi
Salbutamol, Beclomethasone (B),Metaproterenol (C), dan Terbutaline Asma
N-asetilsistein (B), Ambroksol (C), dan Bromheksin (A) Ekspektoran dan Mukolitik
Antasida, sukralfat, Ranitidin (B), Omeprazol (C) Gastritis
Lactulose (B) Konstipasi
Loperamid (C) Antidiare
Cholestyramine (C) dan Colestipol Antikolesterol
Antibiotik Antibiotik

Itulah beberapa obat yang aman untuk ibu hamil yang bisa diperoleh di apotik. Sebelum mengonsumsi berbagai obat tersebut, alangkah baiknya ibu hamil memeriksakan sakitnya ke dokter dan meminta resep dan saran. Dengan langkah ini, diharapkan tidak mengalami efek samping dari obat yang dikonsumsi. 

Daftar Obat Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Untuk semua ibu hamil pastinya selalu mengkhawatirkan janin pada perutnya, dan oleh sebab itu perlu diketahui bahwa larangan mengkonsumsi obat tertentu harus diperhatikan. Jika para ibu hamil tidak memperhatikan obat yang mereka konsumsi tentunya bakal berakibat fatal pada janinnya. Berikut adalah daftar obat yang perlu dihindari oleh ibu yang sedang hamil :

Daftar Obat Keterangan
Obat sakit maag antasida.
Multivitamin pilihlah produk yang diformulasikan khusus untuk wanita hamil dan menyusui.

Pengurang rasa sakit acetaminophen atau tylenol.

Anti-jamur krim vagina.
Anti-biotik golongan penicilin, cephalosporin, erythromycin, clindamycin.
Obat asma obat inhalasi yang mengandung steroid. Antasida dan Anti-ulkus.
Antidepresan obat golongan SSRI (Selective Serotonin Reuptake Inhibitor),

golongan trisiklik antidepresan seperti imipramine, amitriptyline.

Obat hipertensi golongan metildopa.
Obat alergi obat semprot hidung.
Obat anti-mual vitamin B6 (sampai 100 mg per hari).
Obat sembelit pelunak feses.
Pencegah flu vaksin flu (Apabila ibu hamil alergi terhadap telur maupun daging ayam alangkah baiknya tidak

melakukan vaksin flu karena didalam vaksin terkandung bahan protein telur).

Obat yang Aman untuk Ibu Hamil Tradisional dan Khasiatnya

Pada masa modern ini, tidak ada salahnya untuk mencoba pengobatan tradisional yang lebih aman karena penggunaan bahan alami. Berbagai bahan alami tersebut dapat bersinergi membentuk obat yang ampuh. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai beberapa obat yang aman untuk ibu hamil tradisional. Anda dapat mengetahui dan mempelajari cara pembuatan dan cara mengonsumsinya.

  1. Campuran Jeruk Nipis dan Madu

Obat yang aman untuk ibu hamil dalam mengatasi flu dan batuk yang menyerang adalah campuran jeruk nipis dan madu. Kandungan vitamin C pada jeruk yang sangat tinggi, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan melegakan tenggorokan. Anda dapat mencampur air perasan lemon dengan air hangat dan menambahkan madu, sebagai pemanis alami.

  1. Ramuan Teh Jahe dan Madu

Jahe merupakan bahan rempah yang terkenal dengan khasiatnya sebagai obat tradisional. Selain ampuh mengatasi gangguan kesehatan, jahe juga tergolong obat yang aman untuk ibu hamil. Dengan demikian, ibu hamil dapat mengonsumsinya sebagai obat dan mengembalikan kondisi tubuhnya. Madu juga merupakan bahan yang mampu menghangatkan tubuh sekaligus meningkatkan sistem imun. Adapun obat ampuh alami dari teh jahe dan madu untuk melegakan batuk berdahak. Cara pembuatannya adalah dengan merebus jahe dengan air mendidih untuk mengambil sari jahenya. Campur dengan minuman teh dan tambahkan madu.

  1. Ramuan Jahe dan Kencur

Obat yang aman untuk ibu hamil selanjutnya adalah ramuan jahe dan kencur. Ramuan dari kedua bahan tradisional ini sudah tersohor khasiat ampuhnya sebagai obat batuk. Zat yang terkandung dalam jahe dan kencur dapat bersinergi mengobati batuk secara efektif. untuk membuat ramuan tersebut, Anda membutuhkan sebanyak dua ruas jahe dan empat ruas kencur. Langkah pembuatan pertama adalah dengan mengupas dan memotongnya menjadi bagian-bagian kecil. Setelah itu, rebus keduanya dalam air secukupnya hingga mendidih. Terakhir, minum air rebusannya.

  1. Lemon dan Kecap

Lemon atau jeruk nipis merupakan buah yang terkenal akan khasiatnya. Kandungan vitamin C di dalamnya mampu mengatasi penyakit flu dan batuk yang menyerang. Dalam resep ramuan obat tradisional, air perasan lemon yang dicampur dengan kecap sangat mujarab sebagai obat batuk. Obat yang aman untuk ibu hamil jenis herbal ini merupakan resep pengobatan alami secara turun temurun dan terbukti ampuh. Cara pemakaiannya adalah dengan memeras jeruk nipis dan campurkan dengan kecap secukupnya. Setelah itu, aduk hingga rata dan minumlah. Apabila ingin, Anda dapat mencampurkan madu ke dalamnya untuk menghindari rasa asam dari lemon tersebut.

  1. Kurma dan Jahe

Kurma dan jahe merupakan dua bahan yang ampuh sebagai obat flu. Kedua bahan tersebut mampu menyembuhkan flu secara efektif. Bahan alami ini tergolong aman bagi semua usia. Bahkan kedua bahan ini merupakan obat yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Kurma mempunyai kandungan potasium, mangan, dan antioksidan, sehingga membantu memperbaiki sistem imun. Selain itu, kurma juga berkhasiat untuk menstabilkan Ph tubuh. anda dapat mengatasi flu dengan mengonsumsi kurma sekitar 4 biji setiap harinya. Untuk mengonsumsi jahe, Anda dapat membuat minuman jahe hangat dengan tambahan air perasan jeruk nipis dan madu.

Demikianlah beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai obat tradisional. Setiap bahan yang digunakan sebagai obat tradisional tersebut tergolong sebagai obat yang aman untuk ibu hamil. Dengan demikian, bagi para ibu hamil dapat mengatasi sakit yang menyerang dan mengembalikan kondisi tubuh menjadi prima seperti sedia kala, demi kebaikan si buah hati yang ada dalam kandungan.

Artikel yang selalu berkaitan:

  • merk obat flu ibu hamil
  • antibiotik tradisional yg ampuh untuk ibu hamil
  • obat flu untuk ibu hamil yg dijual diapotek
  • obat demam untuk ibu hamil yang Tersedia di Apotik
  • obat batuk dahak untuk ibu hamil yang aman di resepin dokter
  • obat batuk berdahak untuk ibu hamil
  • obat batuk apoti
  • krim antibiotik untuk cantengan yang aman bagi ibu menyusui
  • daftar obat untuk penyakit kulit yg aman untuk ibu hamil
  • Daftar obat ibu hamil dan janin
  • daftar obat dengan kandungan Dextromethorphan
  • obat yang ampuh untuk ibu hamil saat sakit gusi demam batuk berdahak dan flu
Daftar Obat Yang Aman Untuk Ibu Hamil | Doktersakti | 4.5
error: Content is protected !!